Karya Atta Halilintar ASHIAP MAN Tayang 10 Februari di Bioskop

MUS • Friday, 4 Feb 2022 - 18:13 WIB

Jakarta - ASHIAP MAN yang menjadi karya perdana Atta Halilintar sebagai sutradara, bercerita tentang tokoh Zulkarnaen (Atta Halilintar) sedari kecil terobsesi tokoh pahlawan, yang selalu diceritakan oleh ayahnya, Pak Ibrahim (Arswendy Bening Swara). Aisyah (Aurelie Hermansyah) adalah satu-satunya orang yang selalu mendukung Zul untuk menjadi ksatria pembela kampung mereka. 

Suatu hari Zul bertemu seorang gadis misterius bernama Kiara (Nasya Marcella), yang membuat Zul kagum. Namun setelah Zul gagal menyelamatkan ayahnya, Zul patah semangat. Bisakah Zul sebagai Ashiap Man menjadi pahlawan? Dan siapa yang akan dipilih Zul, Aisyah atau Kiara?

Mengusung semangat #SemuaBisaJadiPahlawan, ASHIAP MAN dijadwalkan tayang di bioskop pada 10 Februari 2022. 

Produser Chand Parwez Servia dalam rilis resmi menyatakan, "ASHIAP MAN hadir setelah brainstorming dengan Atta Halilintar yang menyampaikan keinginannya untuk membuat karya yang bisa menginspirasi anak-anak, remaja, dan keluarga Indonesia untuk lebih peduli sesama, peduli lingkungan, dan menyuburkan benih-benih kebangsaan." 

Meski sempat terhenti, proses shooting berhasil diselesaikan tanpa harus kompromi atas kualitasnya. Keseriusan Atta sebagai sutradara sekaligus pemeran pun diancungi jempol.

"Keluwesannya memerankan Zul sebagai Ashiap Man mengingatkan saya kepada almarhum Benyamin S dan Dono Warkop ketika jadi jagoan di film-film lawas yang sangat berkesan bagi saya," puji Chand. 

Film ASHIAP MAN tercatat dalam sejarah sebagai salah satu film yang kembali syuting setelah peraturan gelombang covid-19 pertama berlalu. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tim produksi kembali bekerja dan berkarya untuk memberikan yang terbaik.

Salah satu pemicunya adalah kepemimpinan Atta, yang juga sangat berkesan bagi Co-Director Herdanius Larobu.

"Semua dipersiapkan serapih mungkin untuk proses syuting awal yang diperkirakan dalam 24 hari syuting. Ketika memasuki minggu pertama syuting berita bahaya Covid-19 beredar semakin kencang, hingga harus dihentikan pada hari ke-11," jelas Hardianus. 

Saat kru sudah berkumpul, meeting online pun menjadi awal, untuk tetap melanjutkan pekerjaan sampai selesai. Situasi pandemi pun menjadi sangat erat dengan film ini, lewat pernyataan #SemuaBisaJadiPahlawan.

Penulis skenario Cassandra Massardi mengatakan, "Kita semua seperti mendapat wake up call, kalau semua orang punya tanggung jawab sama besarnya di muka bumi ini, hal yang sudah dirasakan oleh Zul, tokoh utama di dalam ASHIAP MAN, yang sedari kecil keinginannya hanya satu. Menjadi pahlawan."

Menurutnya, inilah saat tepat kita menengok, Zul-Zul yang ada di sekitar kita. Yang bisa tulus dalam kesederhanaan. Atau, mungkin sekarang saatnya kita menjadi Zul. Ashiap! (MAR)