Dorong Kepemimpinan Perempuan KBRI Tokyo dan DWP KBRI Tokyo Gelar Webinar Women Leadership Talk

MUS • Friday, 4 Feb 2022 - 15:40 WIB

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo menyelenggarakan webinar Women Leadership Talk pada Kamis 3 Februari 2022. Webinar ini membahas peran kepemimpinan perempuan di berbagai bidang dengan pembicara Konsul Jenderal (Konjen) RI di Osaka, Diana ES Sutikno dan Specially Appointed Professor di Ochanomizu University Corina D.S. Riantoputra. 

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang Tri Purnajaya dalam sambutannya mewakili Duta Besar RI Heri Akhmadi mengatakan KBRI Tokyo mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi dari DWP ini  sebagai bentuk implementasi Pengarusutamaan Gender di KBRI Tokyo, sebagaimana diamanatkan Menteri Luar Negeri RI yang tentunya menjadi komitmen Kepala Perwakilan RI Tokyo. 

“Di era Presiden Joko Widodo perempuan Indonesia kian diberdayakan dengan ditetapkannya peraturan mengenai kuota 30% untuk keterwakilan perempuan dalam politik. Di  KBRI Tokyo keterwakilan perempuan sudah memenuhi kriteria 30% yang telah ditetapkan oleh Presiden. Dari 78 staf  KBRI Tokyo, 28 orang di antaranya adalah perempuan. Adapun 2 dari 4 atau 50% kepala bidang di KBRI Tokyo juga dijabat oleh perempuan,” ujar Tri Purnajaya. 

Konjen RI di Osaka, Diana ES Sutikno dalam paparannya menegaskan pentingnya melibatkan perempuan dalam setiap pengambilan keputusan. 

“Keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan merupakan salah satu kunci keberhasilan pengarusutamaan gender, termasuk di bidang diplomasi. Giving Women seats at the table sama dengan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk maju. Semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk kepemimpinan pada semua level pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi dan publik,” tegas Diana ES Sutikno. 

Sementara itu Corina D.S. Riantoputra dalam paparannya menggarisbawahi pentingnya peran keluarga dalam membentuk kepribadian anak menjadi seorang pemimpin. 

“Dalam keluarga, seorang ayah sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian dan sikap kepemimpinan dari seorang anak, khususnya anak perempuan. Seorang pemimpin harus dapat memenangkan hati dan mampu mengajak tim nya dalam mencapai tujuan bersama,” terang Corina D.S. Riantoputra yang juga merupakan Associate Professor di Universitas Indonesia.  

Ketua DWP KBRI Tokyo Nuning Akhmadi yang didampingi Kepala Bidang Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno menjelaskan penyelenggaraan webinar ini diharapkan dapat semakin membuka ruang kesadaran bersama pentingnya peran perempuan dalam mengembangkan potensinya dalam memimpin dan mendorong pemberdayaan perempuan melalui berbagai program dan kebijakan berbasis keadilan gender. 

“Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender merupakan dua isu penting yang termasuk dalam tujuan pembangunan berkelanjutan. Menjadi komitmen kami untuk terus berdiri bersama seluruh perempuan Indonesia dalam memperjuangkan haknya untuk berdaya dan setara. Melalui webinar ini kami ingin mengajak semua perempuan Indonesia untuk terus memperjuangkan mimpi-mimpinya, mengembangkan potensinya dalam memimpin dan melebarkan kiprahnya,” jelas Nuning Akhmadi.

Webinar yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta ini berlangsung hangat dan interaktif terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang muncul pada sesi tanya jawab.