Pemprov DKI Gelar Kembali Program Pangan Murah Bersubsidi di Halaman Parkir PIBC 

MUS • Wednesday, 2 Feb 2022 - 17:42 WIB

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta kembali menggelar Program Pangan Murah Bersubsidi. 

PT Food Station Tjipinang Jaya bersama BUMD pangan DKI Jakarta lainnya yakni Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya kembali mendapatkan penugasan untuk menjalankan Program Pangan Murah Bersubsidi Pemprov DKI Jakarta. 

Program tersebut dengan menyediakan bahan pangan berupa beras dengan kualitas premium, telur, ikan kembung dan susu UHT dalam kemasan karton.

Adapun komoditi pangan yang bisa beli oleh warga Jakarta untuk masyarakat tertentu yang berhak adalah produk-produk sebagai berikut: Beras Premium Rp 30.000,-/5Kg, Daging Sapi Rp 35.000,-/1Kg, Daging Ayam Rp 8.000,-/1Ekor, Ikan Kembung Rp 13.000,-/1Kg, Telur Ayam Rp 10.000,-/1Tray, Susu UHT Rp 30.000,-/1Karton.

Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati menyampaikan bahwa program pangan bersubsidi untuk ketahanan pangan ini, selain bertujuan untuk meningkatkan akses pangan serta gizi anak-anak, dan warga Jakarta golongan tertentu, juga untuk stabilisasi harga pangan. 

Adapun para penerima manfaat adalah pemegang KJP Plus, PJLP dg gaji maksimal 1,1 UMP, penghuni rusun, lansia yang tidak mampu dan terdaftar, penyandang disabilitas yang tidak mampu dan terdaftar, pekerja/buruh ber KTP DKI dan terdaftar, kader PKK yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dan terdaftar, guru non PNS dan tenaga kependidikan non PNS yang terdaftar.

“Terdaftar lebih dari 1.050.000 penerima manfaat yang dapat membeli produk pangan dengan kualitas yang baik dengan harga subsidi,” ujarnya. 

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab atas penugasan tersebut Food Station akan melayani warga DKI Jakarta penerima manfaat Program Pangan Bersubsidi atau Program Peningkatan Divertifikasi & Ketahanan Pangan Masyarakat. 

“Terhitung mulai hari ini 2 Febuari 2022, program yang mulia dari Pemprov DKI Jakarta ini hadir kembali dan kami juga membuka gerai pengambilan pangan murah bersubsidi di halaman parkirnya di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), tentunya juga di lokasi lain yang ditentukan oleh Pemprov DKI sebagai lokasi distribusi," ungkapnya. 

Lebih lanjut Pamrihadi menambahkan, khusus di lokasi PIBC layanan dibuka setiap hari kecuali hari Minggu. Proses pengambilan bahan pangan bersubsidi dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

“Kami membuka layanan di lokasi PIBC ini setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 kecuali hari Minggu dan stok komoditinya pun lengkap, jadi untuk penerima manfaat yang berdomisili di Jakarta Timur, cukup datang ke lokasi Pasar Induk Beras Cipinang sebelah Bank DKI dan dilakukan dengan tetap menjaga prokes,” tandas Pamrihadi.