Perintah Jokowi, Obat Layanan Telemedisin untuk Pasien Isoman Harus Tiba dalam Hitungan Jam

MUS • Wednesday, 2 Feb 2022 - 11:37 WIB

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo, menyebut Presiden Joko Widodo merespons laporan masyarakat soal keterlambatan obat-obatan untuk layanan telemedisin. Jokowi katanya memerintahkan agar obat tiba sesegera mungkin untuk pasien.

"Bapak Presiden memerintahkan untuk memeriksa penyebabnya kenapa, dan memastikan obat bisa tiba dalam hitungan jam," kata Abraham di gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (2/2/2022).  

Dalam rapat terbatas evaluasi PPKM sebelumnya, KSP melaporkan telah menerima keluhan warga terpapar Covid-19 varian Omicron soal obat telemedisin yang tiba terlalu lama. Laporan disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan didengar langsung Jokowi.  

Abraham mengatakan, dalam setiap rapat kabinet terkait evaluasi PPKM, Jokowi selalu dengan sangat detail memastikan kesiapan dan upaya pemerintah dalam menyelamatkan masyarakat.  

"Intinya Presiden selalu mengharapkan yang namanya pelayanan kepada masyarakat harus selalu diperhatikan," sambungnya.

Telemedisin merupakan layanan medis online yang memungkinkan seseorang mendapat pelayanan kesehatan dari jarak jauh. Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedisin isoman bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk varian Omicron.

Dalam layanan ini, pasien bisa berkonsultasi secara online dan mendapat paket obat gratis. Syaratnya, pasien harus melakukan tes PCR lebih dulu di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) milik Kementerian Kesehatan.