Unika Atma Jaya Bagikan 3 Ribu Dosis Vaksin Booster Per Hari, Animo Masyarakat Tinggi

MUS • Friday, 28 Jan 2022 - 22:10 WIB

Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya bersinergi bersama Unika Atma Jaya dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang serta ProSehat menggelar program vaksinasi booster massal.

Pelaksanaan vaksin booster dilakukan di tiga kampus Unika Atma Jaya, yakni Kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluit, dan Kampus 3 BSD serta penambahan lokasi di Rumah Sakit Atma Jaya Pluit mulai tanggal 24 Januari sampai 17 Februari 2022. 

Di hari pertama hingga hari keempat, kegiatan vaksin ini sudah dimulai di dua kampus dan satu RS yakni Kampus 1 Semanggi dan Kampus 3 BSD dengan animo masyarakat yang tinggi, (27/1).

Tercatat hampir 3 ribu dosis vaksin disuntikkan setiap harinya kepada masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas yaitu kelompok lanjut usia dan penderita immunocompromised atau imunokompromais. 

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A. Prasetyantoko meninjau langsung pelaksanaan Sentra Vaksinasi Atma Jaya ber-Daya (SVA-DAYA) di Kampus 1 Semanggi dan Kampus 3 BSD.

Prasetyantoko menyebut kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian kampus Unika Atma Jaya dalam upaya mendukung program vaksinasi pemerintah untuk mempercepat pengendalian pandemi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Vaksinasi sudah berjalan empat hari, dan ini penting untuk melindungi masyarakat dari COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya. Melalui pemberian vaksin booster diharapkan masyarakat memiliki kemampuan ketahanan kesehatan yang cukup sehingga aktivitas sosial ekonomi dan pembangunan dapat semakin berjalan dengan baik meski dalam kondisi normal baru atau new normal,“ ungkap Prasetyantoko.

Senada dengan itu, Ketua Panitia SVA-DAYA, Michell Suharli mengungkapkan sejak Maret 2021 sudah lebih dari 75 ribu akseptor divaksin di Sentra Vaksinasi Atma Jaya. 

“Kita ada di penghujung kemenangan melawan pandemi. Panitia SVA-DAYA dan seluruh Komunitas Atma Jaya memilih tetap berdiri di garda terdepan perjuangan bangsa dan negara melalui SVA-Daya Booster yang menunjukkan kekuatan sinergitas dan harmoni segenap elemen Komunitas Atma Jaya,“ kata alumni Unika Atma Jaya ini. 

Lebih lanjut Michell mengungkapkan antusiasnya karena animo masyarakat yang tinggi menuju akhir minggu atau weekend. Menurutnya, hari ini rincian pendaftar di tiga lokasi yakni Kampus 1 Semanggi mencapai 2000 peserta, Kampus 3 BSD 2037 peserta, dan ditambah 158 peserta yang mendaftar di RS Atma Jaya, (28/1).

Michell juga menghimbau bagi masyarakat yang sudah mendaftar, jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk tetap datang ke lokasi vaksin booster yang sudah dipilih sendiri dengan tempat dan waktu yang ada. 

“Kami terus berupaya melakukan yang terbaik, dan tidak lupa penerapan protokol Kesehatan (prokes) juga terus kami jaga. Mengingat animo masyarakat yang berasal dari luar Jakarta maupun WNA juga silih berganti datang,“ tambahnya.

Salah satu yang peserta vaksinasi, Jessica Sanusi mengungkapkan kegembiraannya bisa mendapat kesempatan menerima vaksin booster secara cepat saat pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan program ini.

“Menurut saya ini proses vaksin tercepat daripada vaksin 1 dan 2 sebelumnya dan tidak lama saat menunggu. Semua teratur dari alur pendaftaran, screening sampai proses disuntiknya. Relawan di lapangan dan admin juga sangat membantu. Harapannya kita semua yang sudah divaksin semakin sehat dan bisa menjaga imunitas tubuh masing-masing,“ ungkapnya saat ditemui usai menerima vaksin booster dan berfoto di Kampus 1 Semanggi.

Sebagai informasi, SVA-DAYA dibuka dari jam 09.00 sampai 14.00 dan terus dibuka sampai 17 Februari 2022 di empat lokasi, yakni Kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluit, dan Kampus 3 BSD serta penambahan lokasi di Rumah Sakit Atma Jaya Pluit. Khusus Kampus 2 Pluit akan dimulai pada 4 Februari 2022.

Mengacu pada Surat Edaran Kemenkes RI, calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK. atau melalui aplikasi Peduli Lindungi, berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya. 

Warga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin booster akan mendapatkan tiket elektronik di aplikasi PeduliLindungi.

Bagi yang belum menerima vaksin booster, Unika Atma Jaya menyediakan vaksin jenis Pfizer khusus vaksin primer Sinovac. Calon penerima bisa datang untuk menerima vaksin dengan melakukan pendaftaran lebih dulu melalui situs https://prosehat.com/vaksinboosteratma.