Sinergikan Rencana Pembangunan Proyek Strategis Nasional, PLN Lakukan Konsultasi Publik di Kalipuro Banyuwangi

MUS • Tuesday, 25 Jan 2022 - 14:01 WIB

Surabaya – Untuk mensinergikan rencana pembangunan proyek strategis nasional, PLN melakukan konsultasi publik di Kalipuro Banyuwangi, dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi serta akademisi Universitas Brawijaya. 

Didasari amanat aturan pemerintah nomor 22 tahun 2021, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) paparkan rencana pembangunan Java Bali Connection (JBC) 500 kV serta manfaatnya untuk peningkatan keandalan kelistrikan.

Dalam penjelasannya, PLN UIP JBTB juga menyampaikan Transmisi JBC 500 kV akan menyeberangi selat Bali menggunakan teknologi kabel laut melalui Saluran Kabel Laut Tegangan Ekstra Tinggi (SKLTET) 500 kV yang direncanakan akan beroperasi di tahun 2024.  

Ditemui dalam konsultasi publik AMDAL, Camat Kalipuro, Astorik, S.Sos mengungkapkan apresiasinya kepada PLN dalam memperkuat sistem keandalan kelistrikan. 

“Kami mendukung program pemerintah pusat serta kami berharap sinergi dapat berlangsung dengan baik antara PLN dengan Pemerintah Setempat. Dengan adanya konsultasi publik ini yang dihadiri juga oleh PLN, DLH Kabupaten Banyuwangi serta akademisi dari Universitas Brawijaya memberikan pemahaman secara menyeluruh untuk kami terkait rencana pembangunan Java Bali Connection (JBC) 500 kV ini sehingga kami mengerti tentang pentingnya pembangunan JBC ini. Kami juga mengharapkan pembangunan PSN ini akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar.”, tambahnya.

Sementara itu,  General Manager PLN UIP JBTB, Djarot Hutabri, EBS, menyampaikan PLN akan selalu mengusahakan sinergitas yang baik dengan masyarakat sekitar maupun dengan Pemerintah setempat sehingga Pembangunan JBC 500 kV ini, dimana nantinya akan bermanfaat secara luas untuk masyarakat.

Djarot juga menyampaikan konsultasi publik ini penting dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat secara langsung serta menambah pemahaman terkait rencana pembangunan PSN ke masyarakat.

“Kami sangat mengapreasiasi masyarakat dan pemerintah setempat, dimana konsultasi publik pertengahan Januari lalu berjalan dengan baik. Kami berharap bahwa koordinasi PLN dan pemerintah setempat dan masyarakat dapat berjalan dengan baik. PSN nantinya akan sangat bermanfaat untu keandalan kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali, untuk itu kami sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Tidak lupa PLN selalu memperdulikan masyarakat setempat terutama dalam meningkatkan perekonomian setempat, tahun 2021 lalu, kami telah membantu melalui program PLN Peduli yang salah satunya berlokasi di Kampung Bambu Papring Desa Kalipuro," ucap Djarot.

Djarot juga menambahkan, pembangunan infrastruktur kelistrikan Java Bali Connection (JBC) 500 kV ini nantinya akan sangat dibutuhkan untuk antisipasi beban dengan Pasokan energi murah dari pembangkit-pembangkit skala besar di Sistem Jawa.

Pembangunan ini nantinya juga turut mendukung visi clean and green dari Pemerintah Bali, dimana pembangkit Bali akan diutamakan menggunakan energi baru terbarukan (EBT). (Her)