Menparekraf Lepas Komunitas Srikandi Wonderful Ride, Bangkitkan Ekonomi dan Lapangan Kerja

FAZ • Monday, 24 Jan 2022 - 12:05 WIB

Jakarta - Kemenparekraf berkolaborasi dengan Komunitas Srikandi Wonderful Ride yang akan melakukan touring dan mengeksplorasi beragam destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Jawa Barat selama tiga hari mulai 25 hingga 27 Januari 2022.

Mengangkat tema destinasi wisata lokal dan melestarikan warisan budaya Jawa Barat, kegiatan ini diharapkan dapat menggaungkan berwisata #DiIndonesiaAja sehingga geliat wisatawan semakin bangkit dan membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai melepas secara resmi touring Komunitas Srikandi Wonderful Ride, Senin (24/2/2022) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, mengatakan, kegiatan touring ini sesuai dengan tren pariwisata era baru yang _personalize_, _customize_, _localize and smaller in size_.

Selama kegiatan, Srikandi Wonderful Ride yang terdiri dari beberapa komunitas ini akan touring sejauh 500 kilometer dan singgah di berbagai destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif. Mulai dari sentra pembuatan payung Tasik yang sudah menjadi ikon, dan berakhir di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.

"Ini adalah bagian dari daripada upaya dalam kebangkitan ekonomi. Saya mengapresiasi karena banyak destinasi dan sentra ekonomi kreatif yang akan dikunjungi," kata Menparekraf Sandiaga.

Ia berharap kunjungan dari komunitas Srikandi Wonderful Ride ini dapat mengangkat isu-isu keberlanjutan lingkungan. Ia juga menitipkan pesan agar peserta touring juga dapat menggaungkan perhelatan MotoGP Mandalika yang akan berlangsung bulan Maret mendatang.

"Saya titipkan pesan untuk gaungkan MotoGP yang akan berlangsung 48 hari lagi agar Indonesia semakin dikenal. Serta saya juga titipkan pesan selama berkegiatan untuk tetap taat pada rambu-rambu, jangan arogan dan kedepankan safety riding," ujarnya.

Sementara musisi Eddi Brokoli yang akan bertindak sebagai road captain kegiatan ini menjelaskan, kegiatan touring akan dimulai di Bandung, tepatnya dari Gedung Sate, dan akan berlanjut ke Rancabuaya, Tasikmalaya dan berakhir di Kuningan.

Perjalanan yang mendapat dukungan dari Mitsubishi Motors Indonesia, Dyandra Promosindo, Yamaha Jabar, Eiger Adventure, Elder Company, Zutto Ride, Pirelli Indonesia, KYB Zeto, GS Astra, LA 32 Riders, Belajar Helm dan SSFC Indonesia akan mengeksplorasi beberapa destinasi tersebut diantaranya Rancabali, Curug Ceret Naringgul, Sunset di Negla Beach, Perkebunan Mira Mare, Sentra Ekonomi Kreatif Payung Geulis, Waduk Darma dan Desa Wisata Cibuntu, Kuningan.

Nantinya touring juga akan diisi dengan kegiatan bersih-bersih toilet wisata bersama komunitas Bikers Sapu Bersih.

"Persiapan sudah kami lakukan sejak 1 bulan lalu. Rute juga sudah kami survei sebelumnya, jadi Insya Allah semuanya sesuai dengan rencana," kata Eddi Brokoli.