KPAI Apresiasi Kesepakatan Pengasuhan Bersama Gala oleh Keluarga Vanessa-Bibi

MUS • Tuesday, 18 Jan 2022 - 10:32 WIB

Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), mengapresiasi kesepakatan keluarga almarhumah Vanessa Angel dan keluarga almarhum Bibi, untuk bersama-sama mengasuh anak mereka, Gala. 

Kepala Divisi Pengawasan, Pemantauan dan Evaluasi KPAI, Jasra Putra, mengatakan  kesepakatan yang terjalin melalui pertemuan kedua keluarga itu merupakan yang terbaik untuk Gala.

"Publik tentu sangat lega dengan pernyataan H Faisal atas niat pengasuhan bersama dalam video yang baru saja beredar. Saya kira apa yang terjadi atas kunjungan Pak Doddy ke rumah H Faisal adalah kesepakatan untuk kepentingan terbaik ananda Gala," harap Jasra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Jasra yakin momentum kunjungan ini, akan dijadikan pertimbangan oleh hakim untuk membuat putusan terbaik bagi masing-masing keluarga. 

Ia juga berharap apa yang dilakukan kedua keluarga ini menjadi inspirasi untuk keluarga lainnya. Karena anak yang mengalami keterpisahan pengasuhan, sering kali mengalami gangguan psikis. 

“Anak yang tumbuh hanya di salah satu keluarga orang tuanya dapat memiliki perasaan bersalah karena mereka memikirkan juga keluarga dari orang tua lainnya. Dan biasanya anak tidak mudah mendiskripsikan kondisinya, yang membuat situasi menjadi lebih buruk lagi,” kata dia. 

Jangan sampai si anak terganggu di dalam pusaran konflik orang dewasa. “Karena ia sebenarnya ingin mencintai semua seperti sedia kala,” pungkas Jasra. (Jak)