Kasus Covid-19 Meningkat, Hanya yang Dua Kali Vaksinasi Boleh Beraktivitas di Tempat Publik

MUS • Sunday, 16 Jan 2022 - 20:56 WIB

Jakarta - Angka kasus harian Covid-19 pada Sabtu (16/1/2022) kemarin menyentuh 1.054 kasus. Terkait hal itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah menyiapkan berbagai langkah untuk menekan laju kasus.

“Dengan terjadinya peningkatan kasus menyentuh angka 1.000 kasus per hari, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk membendung terjadinya keparahan lebih dalam yang disebabkan varian ini,” katanya dalam keterangan pers, Minggu (16/1/2022).

Salah satunya, kata dia, adalah dengan melakukan akselerasi vaksin booster bagi seluruh masyarakat, utamanya yang tinggal di Jabodetabek.  Selain itu, penegakan protokol kesehatan akan dilakukan lebih masif. Langkah tersebut diharap bisa menahan laju penyebaran kasus.

Luhut juga menyebut persyaratan masuk ke tempat publik akan diperketat. Pemerintah menyatakan hanya yang sudah vaksinasi dua kali dapat beraktivitas di tempat publik.  “Saya ulang, hanya yang sudah vaksinasi dua kali dapat beraktivitas di tempat publik. Oleh karena itu teman-teman yang masih ada berapa juta orang belum vaksinasi dua kali di Jawa Bali supaya segera melakukan ini,” paparnya.