Prokes Diperketat Imbas Omicron, Dubes UEA: Warga di Dubai Tetap Santai

FAZ • Saturday, 15 Jan 2022 - 18:30 WIB

Jakarta - Sejak akhir tahun 2021 lalu, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di sejumlah negara karena varian Omicron yang penularannya 5 kali lebih cepat. Banyak negara juga kembali memperketat kebijakannya, khususnya memperketat pintu masuk negaranya.

Namun, berbeda dengan Dubai, Duta Besar RI untik Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis justru mengatakan bahwa warga Dubai cenderung lebih santai meskipun ada varian Omicron.

"Benar pak, saya lihat begitu Pak masyarakatnya santai-santai saja karena pertama, kalau mereka karena sekarang Ini kebanyakan mereka dimintai isolasi mandiri," kata Husin dalam Polemik Trijaya FM yang bertajuk "Bersiap Hadapi Gelombang Omicron" secara daring, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Husin, kebijakan yang berbeda dan lebih ketat diterapkan di Abu Dhabi. Bahkan, orang Dubai yang hendak masuk ke Abu Dhabi sangat dibatasi, khususnya membuktikan tes Covid-19 PCR negatif.

"Kalau orang Dubai ke Abu Dhabi itu diborder pak, dites PCR nya pakai alat-alat, pakai HP untuk mengetahui dia tidak reaktif," terangnya.

Husin menjelaskan, banyak kebijakan yang dilakukan secara ketat untuk Abu Dhabi tapi di Dubai lebih longgar. Memang di Dubai masih wajib mengenakan masker dan menjaga jarak, tapi memang aturannya lebih longgar sehingga tempat umum seperti misalnya restoran ramai orang.