UMB Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Menggunakan Google Form Untuk Guru Wilayah Jakarta Barat

ANP • Thursday, 13 Jan 2022 - 21:26 WIB

JAKARTA - Masa Pandemi akibat Covid 19 merupakan masa dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online di rumah. Semua murid dan guru melakukan aktifitas dari rumah secara online baik menggunakan Zoom atau Google Meet. Dampak dari Covid 19 menyebabkan seluruh sekolah menghentikan aktifitasnya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tidak terkecuali seluruh sekolah yang berada pada wilayah SUDIN Pendidikan Jakarta Barat. Wilayah Jakarta Barat merupakan wilayah kotamadya dari Provinsi DKI Jakarta, salah satu wilayah administratif Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang dipimpin oleh seorang walikota. Jakarta Barat terdiri dari 8 kecamatan, yaitu Grogol, Palmerah, Cengkareng, Kalideres, Tambora, Tamansari, Kembangan, dan Kebon Jeruk. Jakarta Barat dibentuk berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No. Id.3/I/I/ 66 tanggal 12 Agustus 1966 dan mulai berlaku 1 September 1966.

Universitas Mercu Buana secara rutin mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang di selenggarakan oleh dosen dan mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan ini sangat bermanfaat sekali bagi guru-guru, terutama di masa pandemi Covid’19, dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 12 Januari 2022 mulai pukul 08.00-16.00 WIB dan sangat antusias sekali diikuti oleh sekitar hampir 100 peserta pada webinar yang diselenggarakan oleh UMB bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat. 

Saat berlangsungnya kegiatan, acara tersebut dibuka oleh Dekan Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Yaya Sudarya Triyana, PhD , Kaprodi Sistem informasi Universitas Mercu Buana Ratna Mutu Manikam., MT , Kepala Biro Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Universitas Mercu Buana Dr. Sawarni Hasibuan, MT dan Kepala P2KPTK2 Riza Manfaluthi.

Google Form adalah fitur gratis dari email Google. Apabila ingin melakukan ujian online tanpa keluar biaya, maka bisa melakukannya menggunakan Google Form.

Penggunaan Google Form selain untuk survey dan sejenisnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ujian online. Pada Google form kita bisa membuat berbagai mode soal dari pilihan ganda, jawaban singkat, maupun jawaban dengan penjelasan. Selain itu kita juga dapat membuat soal yang menggunakan gambar atau yang lainnya.

Pada pelatihan kali ini, materi yang diberikan yaitu pembuatan soal Pilihan Ganda dan Essay baik secara  manual dan dengan cara Import dari Ms. Word. disampaikan oleh Sarwati Rahayu, ST., MMSI sebagai narasumber.

Menurut Sarwati Rahayu, berbagai pertanyaan senantiasa dilontarkan oleh peserta baik secara langsung maupun dengan chatting melalui zoom semakin menambah hidup kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat walaupun dilakukan secara daring, yang dipandu oleh Bapak Handy Noviyarto.

"Dan narasumber  juga memberikan jawaban yang memuaskan kepada peserta penanya dimana hal tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan wawasan guru-guru sebagai peserta webinar ini. Pemberian doorprize bagi peserta penanya terbaik dan bagi peserta yang mengikuti Quiziz menjadikan webinar ini semakin seru dan berkesan," katanya. (ANP)