Jalan-jalan ke Amerika di Masa Pandemi? Perhatikan 6 Hal Berikut

MUS • Monday, 10 Jan 2022 - 13:21 WIB
Dok pribadi

Salah satu yang paling dirindukan banyak orang di masa pandemi, adalah berwisata atau travelling. Baik domestik maupun ke luar negeri. 

Namun, melakukan perjalanan saat pandemi seperti sekarang, apalagi ke luar negeri, tidak sesimpel yang dikira. Perlu beberapa persiapan ekstra, terutama yang berkaitan dengan kondisi kesehatan.  

Berikut ini, 6 hal yang perlu diperhatikan dari mulai keberangkatan hingga ketibaan Anda di Amerika, selama pelesiran di era pandemi: 

Passport, PCR, Vaksin Lengkap dan Tempat Tinggal Selama di AS
Sebelum keberangkatan, Anda akan diminta beberapa hal terkait dengan identitas (passport), data vaksin lengkap, hasil PCR test 1X24 jam, dan alamat lengkap Anda selama di Amerika. 

Alamat lengkap di AS diperlukan untuk mempermudah CDC – Centers for Disease Control and Prevention atau (Satgas Covid Amerika) ketika melakukan tracing seseorang apabila di temukan kasus covid-19 pada orang tersebut. 

Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan bagian yang sangat penting, terutama ketika perjalanan dilakukan di masa pandemi. Pastikan asuransi perjalanan Anda sudah mengcover soal kesehatan Anda selama masa travelling, termasuk biaya perawatan covid-19.

Rajin Swab
Kasus covid-19 di beberapa negara, termasuk Amerika sedang mengalami peningkatan. 

Jika selama di Amerika, anda sering melakukan pertemuan atau perjalanan, ada baiknya Anda melakukan swab antigen setidaknya seminggu sekali. Hal ini untuk memastikan saja, Anda dalam kondisi sehat tanpa paparan meski tanpa gejala.

Bawa Bukti Vaksin Lengkap Kemanapun
Beberapa resto/café mewajibkan Anda menunjukan bukti vaksin lengkap. Seperti halnya di New York, tiap restaurant atau café mewajibkan siapapun menunjukan bukti vaksin lengkap untuk bisa masuk dan makan di tempat. 

Gunakan Masker Kemanapun
Menggunakan masker sebetulnya berlaku wajib. Namun mengingat tidak semua negara bagian Amerika menerima kebijakan soal vaksin atau menolaknya hingga mengabaikan masker, maka ini memungkinkan situasi fatal jika terjadi paparan covid-19 diantara masyarakat. 

Booking PCR Test Kepulangan Anda dari Jauh Hari
Sedang tingginya kasus covid-19 di Amerika, berdampak pada antrian test PCR yang cukup panjang hingga berimbas pada hasil test yang cukup lama antara 24 hingga 72 jam. 

Jadi atur sebaik mungkin, jarak jadwal test PCR Anda dengan jadwal penerbangan, sebagai syarat penerbangan di Amerika. Jika tidak ada penyertaan hasil test saat check in, jangan berharap bisa melakukan penerbangan, sekalipun Anda sudah terjadwal melakukan penerbangan di hari itu. 

Bagi Anda di luar warga Amerika, siapkan kocek $155 atau sekitar 2 jutaan rupiah untuk melakukan PCR test dengan jaminan kepastian waktu hasil test. (Ri)