Minim Perhatian, Cagar Budaya Rumah Bolon Pamatang Purba Kini Nyaris Roboh

MUS • Friday, 7 Jan 2022 - 11:53 WIB

Jakarta - Di penghujung tahun, tepatnya 28 Desember 2021 rumah bolon Pamatang Purba yang merupakan istana raja Marga Purba Pak-pak, kini dalam kondisi roboh. 

Kejadian ini sangat merugikan dari sisi sejarah. Karena dari tujuh kerajaan di Simalungun hanya rumah bolon Pamatang Purba yang masih memiliki Istana.

“Pada tahun 1946 saat terjadi revolusi sosial di Simalungun, istana raja-raja Simalungun dibakar. Namun dari 7 kerajaan yang pernah ada di Simalungun, hanya istana Rumah Bolon saja yang selamat dari amukan revolusi sosial,” kata relawan Dewan Kebudayaan Simalungun, Dori Alam Girsang kepada Trijaya, Jumat (7/1/2022).

Sangat disayangkan jika satu-satunya istana yang tersisa, kini terancam akibat dimakan rayap, faktor usia, dan minimnya perhatian dari pihak-pihak terkait. 

“Kami hanya bisa berdoa dan melakukan hening cipta untuk mengenang para leluhur yang telah bersusah payah turut berjuang atas nama Simalungun, yang sampai kini masih dikenal sebagai salah satu suku yang pernah ikut berperan membangun NKRI,” harap Dori.

"Semoga alam semesta merespon setiap doa dan harapan kami, agar jejak leluhur tak lekang atau hilang ditelan masa,” pungkasnya lirih.