Program ASN Jadi Komcad, Pengamat: Ini Bentuk Cinta Tanah Air

MUS • Wednesday, 5 Jan 2022 - 23:22 WIB

Jakarta - Aparatur sipil negara (ASN) diminta untuk mendukung pertahanan negara sebagai wujud bela negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa dukungan dari ASN diwujudkan dengan mengambil peran serta dalam pelatihan Komponen Cadangan Nasional. 

Peran ASN sebagai Komponen Cadangan tersebut sebagaimana tertera pada Surat Edaran (SE) Menteri PANRB No. 27/2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

Pengamat pertahanan dan keamanan, Susaningtyas Kertopati sangat setuju dengan kebijakan ini. 

”Sangat setuju sekali, karena memang di berbagai belahan dunia juga komcad ini bukan merupakan suatu yang harus dipertentangkan, atau diperdebatkan seperti disini ya. Ini adalah bentuk kita mencintai negara,” katanya di Trijaya Hot Topic Pagi, Rabu (5/1/2022).

Susan menyarankan agar Kementerian Pertahanan menyiapkan program pembinaan kesadaran bela negara yang lebih menarik, milenial dan kekinian. 

"Karena (komcad) ini kan yang mengikuti dari pelajar atau mahasiswa, lalu kelompok masyarakat lainnya," lanjut Susaningtyas. 

Ia berharap kaum milenial tidak kaget ketika program tersebut diterapkan. 

“Jangan kaget nantinya misal yang seusia saya mengatakan bahwa kok saya malah jadi tentara. Karena waktu di Batujajar kemarin Presiden menyampaikan bahwa bila diperlukan maka komcad itu akan dikerahkan, tapi kalu tidak maka dikembalikan ke pekerjaannya sehari-hari," pungkasnya. (Fir)