FORMAPPI: Kunjungan Kerja Anggota DPR dan Bappenas ke Kazakhstan Terkesan Sembunyi-sembunyi

MUS • Wednesday, 5 Jan 2022 - 14:47 WIB

Jakarta - Sejumlah anggota DPR RI dan pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kazakhstan pada awal tahun ini. 

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI), Lucius Karus menyebut, kepergian anggota Panitia Khusus RUU Ibu Kota Negara bersama rombongan Bappenas ke Kazakhstan terkesan dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Pada 3 Januari pagi, Lucius mengetahui rencana kunjungan kerja itu dari status Dubes Kazakstan, Fadjroel Rachman. Tapi pada sore harinya status tersebut menghilang. 

Lucius meyakini studi banding ke Kazakhstan bukan agenda yang dipersiapkan sejak lama. 

"Pansus RUU IKN dibentuk 7 Desember lalu, jadi belum terlalu lama. Dan kita tidak pernah tahu agenda pansus IKN apa saja. Makanya kita tidak pernah tau juga kalau ada kunjungan kerja ini,” ungkap Lucius dalam wawancara di Radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic Petang, selasa (4/1/2022). 

Lucius juga tidak tahu apa yang sebenarnya ingin dipelajari dari perpindahan ibukota Kazakhstan, sehingga DPR dan Bappenas memutuskan studi banding ke sana.

“Dengan cara mereka mengkomunikasikan rencana kunjungan kerja ke publik yang terlihat sembunyi-sembunyi, saya menduga memang agenda ini lebih dicari-cari anggota DPR,” tutupnya. (FIT)