Jelang Final Piala AFF, Pengamat Optimis Indonesia Mampu Atasi Thailand

MUS • Monday, 27 Dec 2021 - 17:02 WIB

Jakarta - Timnas Indonesia sudah dipastikan bakal menantang Thailand di final Piala AFF 2020. Kepastian itu didapat setelah tim berjuluk Gajah Perang menahan imbang Vietnam tanpa gol pada leg kedua semifinal di Stadion National. 

Thailand pun lolos ke final dengan kemenangan agregat 2-0 atas Vietnam, setelah menang di pertemuan pertama. Ini merupakan ujian berat buat Timnas Indonesia saat skuad Garuda ingin memutus kutukan spesialis runner up di Piala AFF. 

Pengamat sepak bola, Ma'ruf el Rumy berharap Indonesia dapat membaca kelemahan Thailand saat melawan Vietnam.

“Kalau kita melihat Vietnam setidaknya kita punya bekal. Dengan begini setidaknya kita bisa melihat ketika pertandingan melawan Vietnam, apa saja kelemahan Thailand,” kata Maruf dalam wawancara di Trijaya Hot Topic Pagi, Senin (27/12/2021).

Ma'ruf mengakui Thailand merupakan lawan tangguh, terutama pada sisi pertahanannya. “Mereka tim yang memiliki pertahanan kuat. Biisa dikatakan mereka tim unggulan,” jelas Ma'ruf.

Namun ia tetap optimis tim Garuda mampu bersaing melawan Thailand jika melihat semangat juang tim asuhan Shin Tae-yong saat melawan singapura di leg kedua semifinal. 

"Melihat permainan Indonesia pada saat melawan Singapura sudah sangat bagus ya. Jadi saya rasa Indonesia mampu memberikan yang terbaik pada final nanti," harap Ma'ruf. (Fir)