Smelting Kirimkan Kebutuhan Dasar untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru di Tempat Tinggal Sementara

MUS • Sunday, 26 Dec 2021 - 15:34 WIB

Lumajang —  Warga Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang hingga sekarang masih harus tinggal di pengungsian atau menempati beberapa rumah warga lain yang masih utuh setelah erupsi gunung Semeru.

Karena itu, PT. Smelting bersama Human Initiative menyalurkan bantuan kebutuhan dasar warga berupa paket tidur yang terdiri dari kasur dan selimut, peralatan mandi, dan paket perempuan senilai 50 juta untuk 30 Kepala Keluarga (KK).

Salah satu warga terdampak, Abdullah mengaku bila kiriman dari Smelting tersebut sangat membantu kebutuhan dasar para pengungsi.

"Yang masih ada kekurangan itu di alas tidur, selimut, paket (untuk) perempuan dan bayi," ungkapnya.
Manajer General Affairs PT. Smelting Indra SW Junor menyampaikan rasa prihatin atas apa yang dialami masyarakat terdampak, khususnya di Dusun Kamar Kajang.

"Saya tidak bisa membayangkan apa yang dialami bapak ibu dan adik-adik sekalian, semoga kehidupan anda semua bisa kembali normal dan erupsi tidak terjadi lagi. Semoga apa yang kami berikan bisa meringankan beban anda semua," ucapnya, Sabtu (25/12/2021).

Selain kebutuhan dasar sehari-hari, para pengungsi juga membutuhkan pendampingan psikososial dan trauma healing.

Untuk itu tim dari Kesehatan Mental Indonesia (KMI) dan Human Initiative memberikan pendampingan secara psikologis bagi warga terdampak maupun korban.

"Pastinya menyisakan trauma atau ketakutan, apalagi bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya," tutur Hena Rustiana, Ketua KMI di lokasi pengungsian. (Her)