TVRI Akan Tayangkan Guest House: Losmen Reborn Season 2

ANP • Thursday, 23 Dec 2021 - 19:20 WIB

Jakarta - Menyambut datangnya tahun 2022, TVRI meluncurkan sebuah kemasan ulang dari drama seri yang pernah menjadi tren pada tahun 80-an, yang selalu dinanti pemirsanya, yaitu "Losmen". Drama seri berkualitas yang menarik hati pemirsa Indonesia saat itu karena ceritanya yang memikat dan membumi serta dibalut dengan nuansa budaya Jawa yang kental.

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI), Iman Brotoseno mengatakan, dengan dihadirkannya serial yang menghibur, berkonsep modern dan memiliki pesan moral ini, maka TVRI kembali pada ciri khasnya, mewadahi drama-drama berkualitas. Beberapa diantaranya yang masih melekat dalam ingatan pemirsa TVRI era 80-an, seperti “Sengsara Membawa Nikmat”, “Keluarga Cemara”, juga “Sayekti dan Hanafi”.

"Berdasarkan hasil riset Losmen Reborn Season 2 menampilkan kisah aktual dan dikemas dengan kekiniian," tegas Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI), Iman Brotoseno dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (23/12/2021).

Menurutnya, penggemar "Losmen" era tersebut tentu mengenal sosok Tarjo yang merupakan anak pertama dari pasangan Pak Broto dan Bu Broto. Di serial baru "Guest House: Losmen Reborn Season 2” yang akan mulai tayang pada 7 Januari 2022.

Sementara itu, Sutradara Andi Yusuf Bachtiar menjelaskan, Guest House: Losmen Reborn Season 2 akan menampilkan permasalahan keluarga, sosial, lingkungan hingga pendidikan politik. Menurutnya, Tarjo sudah menjadi pengelola Losmen yang baru. Setelah Losmen kembali dibuka untuk umum, masalah dan cerita baru yang hadir pun semakin beragam. Cerita-cerita unik dari para tamu losmen pun juga ikut mewarnai hari-hari Keluarga Tarjo.

"Mengambil konsep kekinian, serial ini hadir dengan tampilan dan materi cerita yang selaras dengan sasaran penonton milenial. Sebuah tayangan yang menghibur, sekaligus menyentuh nalar dengan nilai-nilai moral yang disuguhkan," katanya.

Drama seri ini berawal dari kisah losmen yang berada di kawasan kota Yogyakarta, dikelola oleh bu Broto, dibantu ketiga anaknya yaitu Tarjo, Pur dan Sri, pada tahun 1980. Lalu pada tahun 2000 Tarjo memutuskan pindah ke ibukota seiring keinginannya menjadi seorang politikus. Tarjo akhirnya menikah dan memiliki dua anak bernama Mahendra dan Srikandi.

Sekian waktu Tarjo menetap di Jakarta, konflik pun muncul karena kegelisahan Tarjo ingin menjual losmen di Yogyakarta yang merupakan warisan ibunya (Bu Broto).Keinginan itu dilarang oleh istri dan anak-anaknya. Inisiatif Srikandi pun muncul untuk merenovasi losmen milik ayahnya tersebut berbekal pendidikannya ketika di Yogyakarta. Losmen pun tidak jadi dijual, karena menjadi kian menarik dan kembali ramai.

Disutradarai oleh Andi Bachtiar Yusuf "Guest House: Losmen Reborn Season 2” dibintangi oleh Ray Sahetapy yang berperan sebagai Pak Tarjo dan Djenar Maesa Ayu selaku Bu Tarjo. Hadirnya Mohamad Aditya sebagai Mahendra dan Givina Lukita Putri sebagai Srikandi juga memberikan sentuhan kekinian dalam cerita-cerita unik yang terjadi di serial ini.

Sedangkan Direktur Program dan Berita LPP TVRI, Irianto menjelaskan, geliat ini kembali mempertebal jati diri TVRI yang senantiasa melahirkan acara-acara unggulan produksi asli TVRI. Selamat menikmati “Guest House: Losmen Reborn Season 2” pada 7 Januari 2022 pada pukul 9.30 dan 20.00 WIB.

"Rencananya akan tayang setiap hari Jumat pada 7 Januari 2022 pukul 9.30 dan 20.00 WIB," tegasnya. (ANP)