Viral Joki Vaksin Disuntik 16 Kali, Pakar: Belum ada Data Ilmiah Tentang Dampaknya

MUS • Thursday, 23 Dec 2021 - 16:28 WIB

Jakarta - Seorang pria di Kabupaten Pinrang, bernama Abdul Rahim, bikin heboh usai mengaku sebagai joki vaksinasi dan telah disuntik sebanyak 16 kali.

Pengakuan itu disampaikan dalam sebuah video yang viral di media sosial. Rahim diketahui adalah warga di Kelurahan Bentengnge, Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Menanggapi hal itu, Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga Guru Besar FKUI, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan perlu ditelusuri apakah pengakuan pria tersebut benar. 

"Usul konkrit saya, para pakar kedokteran kita di lokasi terdekat dengan yang katanya disuntik 16 kali itu, dapat menemui yang bersangkutan untuk melakukan penelitian tentang dampaknya," kata Tjandra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (23/12/2021). 

Tjandra mengakui belum ada data ilmiah tentang dampak vaksinasi hingga belasan kali. 

"Vaksin diteliti, diproduksi dan diberi izin untuk 2 kali penyuntikkan. Sehingga tentu saja tidak ada data ilmiah yang valid tentang dampak bagaimana kalau benar disuntikkan sampai 16 atau 17 kali. Yang jelas keamanan dan efektifitasnya jadi tidak dapat dipertanggungjawabkan kalau penggunaannya berlebihan," pungkas Tjandra.