Peringatan Hari Ibu, Momentum Pengakuan Kontribusi Aktif Kaum Perempuan 

MUS • Wednesday, 22 Dec 2021 - 16:00 WIB

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga menyatakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 yang berlangsung Rabu, 22 Desember 2021 adalah sebuah momentum peringatan atas keterlibatan dan peran nyata kaum perempuan Indonesia sejak jaman perjuangan hingga kini. 

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 sesungguhnya merupakan suatu bentuk apresiasi bagi semua perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. 

Itu sebabnya, esensi PHI tidaklah sekedar mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang memang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu.

“ Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam Konferensi Pers dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta pada Selasa, 21 Desember 2021. 

Menurut Menteri Bintang, lokasi ini dipilih untuk mengajak masyarakat mengenang dan menghargai sepak terjang perempuan pejuang di masa pergerakan, dimana sebanyak 30 organisasi perempuan dan sekitar seribu peserta berkumpul untuk menyatukan agenda perjuangan perempuan bangi bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 Tahun 2021 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema ini kembali diangkat dengan harapan dapat menjadi pengingat bagi seluruh pihak, bahwa perempuan yang jumlahnya hampir setengah dari populasi Indonesia merupakan kekuatan sumber daya manusia Indonesia dan merupakan urusan setiap orang karena manfaatnya juga akan dirasakan secara nasional, bahkan global.

Penyelenggaraan PHI tahun ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan baik di tingkat pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri, maupun partisipasi mandiri dari masyarakat, bekerja sama dengan berbagai sektor pembangunan. (Ron)