Vaksinasi Anak di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta Disambut Antusias Warga

MUS • Tuesday, 21 Dec 2021 - 17:11 WIB

Yogyakarta - Hari pertama vaksinasi anak istimewa yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia Senin (21/12) pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta berjalan lancar. Sebanyak 600 dosis pertama Sinovac diberikan kepada anak-anak usia 6 hingga 11 tahun. Semuanya penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tenaga kesehatan yang terlibat berasal dari Denkesyah Yogyakarta, Biddokes Polda DIY, Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Puskesmas Kraton serta sejumlah komunitas relawan.

Kegiatan vaksinasi rencana dilakukan selama tiga hari hingga Kamis 23 Desember 2021 dengan total 1.800 dosis. Pendaftaran peserta dilakukan secara online dan langsung penuh dalam hitungan jam. 

Terpisah penggiat GKR Indonesia GKR Condrokirono mengatakan vaksinasi anak adalah program strategis nasional yang wajib didukung semua pihak.

"Keberhasilan pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dalam penanganan pandemi dan menekan angka terkonfirmasi positif perlu dilanjutkan dengan membangun kekebalan kolektif khususnya di cluster anak-anak," ucapnya. 

GKR Condrokirono mengucapkan terimakasih kepada TNI, Polri, Dinas Kesehatan DIY dan Kota Yogyakarta serta sejumlah komunitas relawan atas kerja bersama dalam penyelenggaraan vaksinasi anak istimewa kali ini.

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapuro Kraton Yogyakarta yang juga menjabat Ketua Karang Taruna DIY ini juga menerjunkan sejumlah anggota Karang Taruna Kota Yogyakarta turut mensukseskan pelaksanaan vaksinasi.

Sesuai tata kala waktu, pelaksanaan dosis pertama akan dilanjutkan dengan dosis kedua yang dijadwalkan pada tanggal 18, 19 dan 20 Januari 2022 di tempat yang sama. Peserta yang sudah menjalani dosis pertama wajib mengikuti vaksinasi dosis kedua. (Ron)