BAZNAS dan PBNU Resmikan Gedung SMP-SMK Ma’arif Nahdlatul Ulama Jakarta

ANP • Sunday, 19 Dec 2021 - 13:40 WIB

JAKARTA - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siradj, M.A meresmikan gedung SMP-SMK Ma’arif Nahdlatul Ulama, di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (18/12/2021).

Peresmian gedung Blok D SMP-SMK Ma’arif Nahdlatul Ulama ini juga dihadiri Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan, MA yang juga Ketua Pembangunan, Pimpinan BAZNAS RI KH Achmad Sudrajat, Lc, MA, Ketua LP Ma’arif NU PBNU KH Z. Arifin Junaidi, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Prof Dr H Maskuri, M.Si, Perwakilan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, serta para donatur.

"Program pembangunan SMP-SMK Ma’arif NU ini merupakan salah satu implementasi penandatanganan MoU (Nota Kesepahaman) BAZNAS dan PBNU pada September lalu," ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA saat menyampaikan sambutan. 

Prof Noor mengatakan, pandemi Covid-19 yang telah melanda sejak dua tahun silam tidak hanya memengaruhi sisi ekonomi maupun kesehatan, tetapi aspek pendidikan masyarakat khususnya DKI Jakarta juga sangat berpengaruh.

"Untuk itu, program pembangunan sekolah SMP-SMK Ma’arif NU ini merupakan upaya bersama dalam rangka membantu mustahik yang terdampak pandemi Covid-19, dengan menyesuaikan kebutuhan akses pendidikan bagi para masyarakat yang kesulitan, terutama di masa pandemi," jelasnya. 

Lebih lanjut, kata Prof Noor, LP Ma'arif NU sudah pasti aman syar'i, aman regulasi dan aman NKRI, LP Ma'arif ini adalah penjaga-penjaga NKRI mendatang.

"InsyaAllah BAZNAS akan selalu memperhatikan perkembangan LP Ma'arif yang ada di Jakarta. Kami sangat menyambut baik pembangunan sekolah ini," ujarnya. 

Prof Noor berharap, ke depan sekolah ini dapat menjadi sekolah terbaik di DKI Jakarta. "Semoga Allah memudahkan proses pembangunan sekolah SMP-SMK Ma’arif NU ini."

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PBNU Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siradj, M.A menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kerja sama dalam pembangunan sekolah ini.

"Kami mengucapkan Jazakallahu khairan kepada BAZNAS yang telah memberikan bantuannya, mudah-mudahan ini menambah keberkahan bagi kita semua," ujar Said Aqil. 

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA yang juga Ketua Pembangunan mengucap syukur karena ini merupakan cita-cita LP Ma'arif untuk memberikan fasilitas pendidikan terbaik guna mewujudkan generasi NU ke depan. 

"Kami yakin bahwa niat baik ini disambut baik oleh berbagai pihak. Alhamdulillah ini merupakan bentuk kegotong royongan dalam kebaikan," jelasnya. 

Saidah menjelaskan, SMP-SMK Ma'arif NU ini nantinya akan digunakan oleh 800 siswa yang mayoritasnya ditujukan bagi mereka yang tidak mampu, karena mereka  juga memiliki hak untuk mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik. 

"Kami menghabiskan dana hampir 6M untuk pembangunan sekolah yang terdiri atas 4 blok ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah membantu terlaksananya pembangunan sekolah SMP-SMK Ma'arif NU sebagai satu upaya mewujudkan mimpi-mimpi anak kita," ujarnya. (ANP)