Petugas Kebersihan Tertular Omicron, Wisma Atlet Jakarta Lockdown! 

MUS • Thursday, 16 Dec 2021 - 21:05 WIB

Jakarta - Seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular varian Omicron. Selain itu, pemerintah telah mendeteksi lima kasus probable Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional WNI dan WNA.

Lima orang suspek Omicron itu di antaranya dua kasus adalah WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya WNA asal China yang berkunjung ke Manado dan sekarang dikarantina di Manado. 

Adanya varian omicron masuk ke Tanah Air, membuat pemerintah memberlakukan lockdown di semua tower Wisma Atlet Jakarta selama 7 hari ke depan. 

"Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron," kata Menteri Kesehatan (Kemenkes) Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/12/2021). 

Budi mengatakan awalnya terdapat tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala. 

“Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun dari tiga sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes Kemenkes, satu dari tiga sampel dilaporkan tertular Omicron,” kata Budi. 

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Kepala Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto meminta agar masyarakat tidak panik terkait hal ini. 

“Sekali lagi kami Kasatgas Penanganan Covid-19 menyampaikan kepada masyarakat bahwa informasi dari Bapak Menkes tadi, kita tidak perlu panik, tidak perlu khawatir,” katanya dalam konferensi persnya.

Namun dia tetap menekankan pentingnya disiplin protokol kesehatan. Khususnya bagi pelaku perjalanan internasional. “Tetapi seluruh masyarakat diharapkan disiplin secara kolektif menjalankan kebijakan. Khususnya skrining kesehatan berlapis bagi pelaku perjalanan internasional,” ujarnya.