Dompet Dhuafa Buka Layanan Cuci Baju Gratis Bagi Penyintas dan Relawan Erupsi Semeru

MUS • Monday, 13 Dec 2021 - 07:51 WIB

Lumajang - Dompet Dhuafa Jawa Timur dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa buka layanan cuci baju gratis di pengungsian Pesantren Ulul Albab, Candipuro, Lumajang (12/12/2021).

Adapun layanan yang diberi nama Pojok Laundry diperuntukkan bagi penerima manfaat yang terdampak atau penyintas awan panas guguran Semeru. Namun hal ini juga diperuntukkan untuk relawan-relawan kemanusiaan yang hingga kini masih siaga di tempat pengungsian membantu percepatan penanganan kebencanaan. 

"Kebutuhan sandang juga menjadi perhatian dalam penanganan respons kebencanaan. Terutama bagi penyintas awan panas guguran Semeru. Harapannya melalui aksi Pojok Laundry ini higienitas penyintas maupun relawan kemanusiaan tetap terjaga, bersih dan sehat," terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa. 

Mochammad Edi Lukman relawan salah satu relawan asal Probolinggo mengatakan layanan ini sangat membantu ringankan beban relawan saat membutuhkan pakaian higienis, di tengah mobilitas aksi yang intensif. 

Selain Pojok Laundry, DMC Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Jawa Timur telah memberikan layanan untuk penanganan warga terdampak awan panas guguran Semeru berupa SAR-Evakuasi, Pos Hangat, Dapur Umum dan Dapur Keliling, Psychological First Aid (PFA), dan layanan kesehatan keliling dengan total keseluruhan penerima manfaat mencapai 6.221.