Kado Natal Sahabat Ganjar Melalui Aksi Sosial di NTT

ANP • Saturday, 11 Dec 2021 - 15:58 WIB

MANGGARAI BARAT - Desember dikenal sebagai bulan yang penuh arti bagi mayoritas warga Nusa Tenggara Timur. Masyarakat NTT selalu menyambut Desember dengan penuh keceriaan, apalagi dalam bulan Desember ada perayaan Natal. Saat ini mayoritas warga NTT yang beragama Nasrani sedang mempersiapkan diri menyambut Natal dan Tahun baru. 

Kedatangan Sahabat Ganjar dengan sejumlah aksi sosialnya di NTT memilki arti tertentu sebagai salah satu kado Natal bagi warga di NTT. Roadshow Sahabat Ganjar di NTT pada hari Sabtu (11/12) dilakukan dengan sejumlah aksi sosial antara lain dengan renovasi toilet, pembagian Laptop, kunjungan ke panti asuhan dan bersih-bersih pantai.

Kesempatan pertama aksi Sabtu (11/12) ini Sahabat Ganjar membantu proses renovasi toilet di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Waemedu, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dalam kegiatan yang dihadiri DPW, DPC dan relawan Sahabat Ganjar ini, perwakilan Sahabat Ganjar menyerahkan secara simbolis bahan material seperti semen dan pasir sebagai pendukung proses renovasi. 

Agustinus Manehat Ketua DPW Sahabat Ganjar NTT menyampaikan harapannya. “Dengan pemberian secara simbolis alat material untuk merenovasi toilet ini, Relawan Sahabat Ganjar berharap agar para siswa-siswi yang sedang bersekolah bisa menggunakan toiletnya dengan nyaman serta menyadarkan siswa-siswi betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sarana sekolah.” 

Berlanjut seusai kunjungan ke SDK Waemedu, Sahabat Ganjar melanjutkan roadshow dengan mengunjungi SMK Negeri 1 Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Pada kunjungan ini relawan Sahabat Ganjar memberikan laptop untuk 3 siswa-siswi yang berprestasi. Hal ini bertujuan untuk motivasi siswa-siswi untuk meningkatkan serta mempertahankan prestasi. 

Hal ini diungkapkan oleh Mikael Jagut ketua DPC Sahabat Ganjar Manggarai Tengah. “Dengan penyaluran bantuan laptop ini, kita relawan Sahabat Ganjar berharap dapat memicu sekaligus memberi motivasi untuk siswa agar lebih meningkatkan kualitas, membentuk generasi muda yang berkompeten. Karena dengan kualitas pendidikan yang maju, maka akan maju juga suatu daerah” ungkap Mikael.

Adapun nama siswi berprestasi dari SMKN 1 Labuan Bajo yang menerima bantuan laptop antara lain Agustina Armita Elos (Jurusan Akomodasi perhotelan, Kelas XI), Advencia Paulani Ratna Dewi (Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Kelas XI), dan Fransiska Puja Medyatri (Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Kelas XI).

Kado Desember Sahabat Ganjar juga tiba di Panti Asuhan Hati Kudus. Panti anak yatim dan piatu yang berada di Batu Cermin, Komodo, Manggarai Barat ini mendapatkan sejumlah paket bantuan dari Sahabat Ganjar. Dalam kunjungan ini, Sahabat Ganjar memberikan bantuan berupa paket sembako untuk memenuhi kebutuhan anak-anak penghuni dan juga pengurus di Panti tersebut.

“Keceriaan dan senyum di raut wajah anak-anak di panti asuhan ini menjadi motor dan kekuatan kami untuk terus bergerak menebarkan aksi sosial ke seluruh pelosok Indonesia.” Harap Indah CH, humas DPP Sahabat Ganjar yang turut hadir di Lokasi. 

Sebagai penutup, acara di hari Sabtu (11/12) ini, Sahabat Ganjar melakukan kegiatan Dialog Kebangsaan Lintas Agama. Acara diskusi yang diprakarsai oleh Tokoh Umat Katolik dan Tokoh Umat Muslim di Manggarai Barat ini menjadi sangat penting di tengah polarisasi masyarakat Indonesia yang berbeda pendapat. Hal ini juga penting untuk mencegah tumbuhnya bibit-bibit radikal. Sehingga suasana damai dan harmonis antarwarga dan antarumat beragama dapat terus terjalin di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. 

Seluruh kegiatan yang dilakukan Sahabat Ganjar senantiasa melibatkan masyarakat dan warga sekitar. “Sebab kami adalah relawan yang berasal dari akar rumput, sehingga penting bagi kami untuk menjalin komunikasi antar jaringan akar rumput di berbagai wilayah.” Pungkas indah. 
(ANP)