Fisioterapi UKI Sosialisasi Pencegahan Nyeri Sendi pada Lansia

ANP • Saturday, 11 Dec 2021 - 14:06 WIB
Tim PkM Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI melatih kader dan lansia di RW 05 Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur

Jakarta - Program Studi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI kembali melakukan Pengabdian kepada Masyarakat, Sosialisasi Pencegahan Nyeri Sendi pada Lansia di Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur, Selasa 7 Desember 2021.

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan Universitas Kristen Indonesia bagi warga sekitar kampus. Pengabdian kepada masyarakat kali ini difokuskan pada warga posyandu lansia RW 05 Cililitan, Jakarta Timur yang merupakan daerah binaan Universitas Kristen Indonesia.

Kondisi pandemi Covid-19 masih mengharuskan masyarakat membatasi aktivitas diluar rumah dan banyak berdampak dengan berkurangnya aktivitas fisik masyarakat dalam melakukan kegiatan. Hal ini juga dialami oleh posyandu lansia RW 05 Cililitan yang belum memperbolehkan ada kegiatan secara ragawi bagi para anggota lansianya. Berkurangnya aktivitas fisik dapat berdampak  timbulnya kelemahan otot, nyeri pada persendiaan, timbulnya masalah psikologis , depresi dan dimensia. 

Dalam sesi penyuluhan, Akademisi Prodi Fisioterapi UKI, Rosintan M Napitupulu, SKM.,MKM mengatakan nyeri yang sering timbul pada persendian dapat berkurang bila kita rutin melakukan gerakan-gerakan senam yang benar. Dalam sesi Latihan, Dosen Prodi Fisioterapi UKI, James W.H Manik, SSt.Ft., M.Fis dan Citra Puspa Juwita, MKM memberikan contoh gerakan senam mulai dari posisi di tempat tidur, duduk dan berdiri. 

Semua gerakan senam yang dilakukan melibatkan sendi di leher, bahu, pinggang, lutut dan kaki. Sesi terakhir para kader harus mempraktikkan semua gerakan senam pada lansia dan didampingi oleh tim PkM Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI. Para kader dan lansia selain mendapat ilmu juga mendapatkan bingkisan kasih berupa susu, vitamin dan makanan ringan. (ANP)