Mudah Belajar Al-Qur’an via Gadget, Ini Caranya

ANP • Saturday, 11 Dec 2021 - 11:45 WIB

JAKARTA - Dalam kegiatan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Kini setiap kegiatan bisa lebih mudah dilakukan dengan gadget. Bahkan gadget pun bisa dimanfaatkan untuk belajar Al-Qur’an dengan lebih mudah.

Sejauh ini, gadget kita kenal sebagai alat berkomunikasi, untuk bekerja dan belajar serta mencari hiburan. Perkembangan gadget semakin terasa, ketika kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya dari rumah, dengan memanfaatkan gadget.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa ada juga dampak negatif dari penggunaan gadget. Dampak yang paling dirasakan fisik adalah mata lebih cepat lelah. Penggunaan gadget memang harus dibatasi, agar tubuh kita juga beristirahat.

Selain itu, penggunaan gadget juga bisa lebih bermanfaat, terutama bagi kaum muslimin. Gadget kini bisa digunakan juga sebagai pengganti buku fisik Al-Qur’an. Ya, hadirnya Al-Qur’an online memberikan kemudahan kita untuk belajar Al-Qur’an via gadget.

Mempelajari Al-Qur’an serta membaca terjemahan dan tafsir via gadget memang lebih efisien, karena kita tak perlu lagi repot membaca buku fisik. Namun masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya membaca Al-Qur’an via gadget.

Tafsirweb adalah situs yang memudahkan kita belajar Al-Qur’an via gadget. Dengan mengakses https://www.tafsirweb.com, kita bisa dengan mudah membaca seluruh surat dan ayat suci Al-Qur’an.

Selain itu, kita juga bisa membaca terjemahan Al-Qur’an berbahasa Indonesia. Untuk lebih memahami lagi isi Al-Qur’an kita juga bisa membaca berbagai tafsir di situs Tafsirweb.

Untuk mengetahui hal tersebut, siapkan gadget dan simak langkah mudah berikut ini:

1. Buka browser atau peramban

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Tafsirweb bukan merupakan aplikasi, jadi kita tidak perlu melakukan download terlebih dahulu. Kita hanya memerlukan aplikasi browser seperti Google Chrome di Android atau Safari di iPhone.

2. Ketik laman situs Tafsirweb

Setelah membuka browser atau peramban, tulis laman situs Tafsirweb di www.tafsirweb.com, di  kolom pencarian.

3. Pilih Surat yang hendak dibaca

Setelah terbuka, kita akan langsung melihat daftar surat-surat Al-Qur’an. Karena tampilannya yang sederhana, membuka situs Tafsirweb pun tidak memerlukan waktu lama.

4. Klik nomor surat, jika ingin membaca atau mempelajari tafsirnya

Tak butuh waktu lama setelah mengeklik surat yang hendak kita baca, lalu akan muncul ayat-ayat dari surat tersebut. Hal menarik lainnya, kita bisa langsung membaca dan mempelajari tafsirnya hanya dengan mengeklik nomor ayat.

Mudahnya belajar Al-Qur’an via gadget, tentu bisa dirasakan oleh semua umat muslim. Mulai dari orang tua hingga anak-anak, karena tampilan situsnya yang sederhana dan mudah dibaca dan diakses kapan pun dan di mana pun. (ANP)