Apresiasi Karya Pelukis Indonesia, KBRI Tokyo Gelar Resepsi di Mori Art Museum Jepang

MUS • Wednesday, 8 Dec 2021 - 21:36 WIB

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Mori Art Museum (MAM) Jepang menyelenggarakan resepsi untuk mengapresiasi karya pelukis Indonesia Nunung WS di ruang pameran MAM pada Selasa, 7 Desember 2021.

Kegiatan yang diawali dengan tur dipandu oleh Direktur MAM Mami Kataoka dihadiri Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, Chairperson MAM Yoshiko Mori, Presiden Japan Foundation Kazuyoshi Umemoto, Sekjen ASEAN Japan Center Kunihiko Hirabayashi dan tamu-tamu lainnya baik dari kalangan diplomatik maupun organisasi internasional serta mitra kerja KBRI Tokyo lainnya.

"Terima kasih pada Museum Seni Mori yang telah memamerkan dan mempromosikan karya seniman-seniman perempuan hebat dari seluruh dunia khususnya Nunung WS,” ujar Dubes Heri.

“KBRI Tokyo siap memperkuat kerja sama dengan Museum Seni Mori di masa depan dalam memajukan seni dan budaya Indonesia dan Jepang,” tambah Dubes Heri yang didampingi oleh istri, Nuning Akhmadi, Wakil Duta Besar Tri Purnajaya serta Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie.

Nunung WS melalui pesan tertulis yang dibacakan Nuning Akhmadi menyampaikan apresiasi kepada KBRI Tokyo yang telah mendukung penuh penampilan karya lukisannya.

"Suatu kehormatan dan tanggung jawab besar bagi saya sebagai seniman yang di percaya dan ditunjuk oleh KBRI Tokyo melalui karya saya menjadi tali penghubung Budaya Indonesia dengan Budaya Jepang,” demikian ungkapnya.

Seniman lukis kelahiran Lawang, Jawa Timur pada 9 Juni 1948 ini mengekspresikan lukisan abstrak bercorak tenun antara lain melalui karya berjudul Dimensi Aceh dan Dimensi Tenun. 

Mori Art Museum merupakan museum seni dan arsitektur kontemporer swasta yang didirikan oleh Mori Minoru, konglomerat di bidang real estate, pada tahun 2003. Setiap tahunnya lebih dari 1 (satu) juta pengunjung dari berbagai belahan dunia berkunjung ke museum yang terletak di kawasan Roppongi Hills di jantung kota Tokyo ini.

Karya Nunung WS bersama 15 seniman perempuan dari 12 negara menjadi bagian dari pameran Another Energy: Power to Continue Challenging – 16 Women Artist From Around The World di Mori Art Museum yang digelar sejak 22 April 2021 hingga 16 Januari 2022.