KAI Commuter Catat Volume Pengguna KRL Pada November Tertinggi Sepanjang 2021

MUS • Wednesday, 8 Dec 2021 - 17:00 WIB

Yogyakarta - Data KAI Commuter mencatat bulan November 2021 sebagai bulan dengan volume pengguna KRL tertinggi sepanjang 2021. Selama November, KRL tercatat melayani 219.696 pengguna atau rata-rata 7.323 pengguna per hari di KRL Yogyakarta-Solo. 

“Dalam operasi sejak Febuari hingga November tahun 2021 ini, KRL Yogyakarta Solo telah melayani 1.448.836 pengguna,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.   

Peningkatan kapasitas angkut dilakukan melalui perpanjangan formasi kereta yang melayani pengguna. Pada Februari 2021 maupun saat ini, perjalanan KRL jumlahnya tetap 20 perjalanan. Namun jika pada awal tahun dilayani oleh dua rangkaian KRL dengan formasi empat kereta, saat ini telah dilayani oleh tiga rangkaian KRL dengan formasi delapan kereta. 

Selain itu, operasional KAI Commuter selama pandemi juga sangat dipengaruhi aturan kegiatan masyarakat termasuk di sektor transportasi.

"Saat ini kami semakin adaptif karena harus mampu beradaptasi dengan perubahan pola operasi dan layanan KRL sesuai aturan terbaru. Sebelumnya, perubahan pola operasi hanya kami lakukan satu kali setiap 1-2 tahun. Namun di masa pandemi kami harus siap mengubah pola operasi sesuai dengan perkembangan regulasi yang dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Anne. 

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat khususnya para pengguna KRL terhadap layanan KAI Commuter. Dengan adanya kesempatan dari segi aturan untuk kembali melakukan berbagai aktivitas di luar rumah pada masa pandemi Covid-19, kami berkomitmen menyediakan transportasi aman dengan protokol kesehatan yang ketat. Di sisi lain, kami juga berharap agar para pengguna tetap disiplin mengikuti aturan, tata tertib dan protokol kesehatan di dalam stasiun maupun KRL untuk kesehatan dan kenyamanan bersama,” ucap Anne. (Ron)