Berkantor di Lumajang, Khofifah Pastikan Penanganan Dampak Erupsi Semeru Sudah Optimal

MUS • Monday, 6 Dec 2021 - 16:30 WIB

Jakarta – Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat yang berada di sekitaran Semeru, agar menyelamatkan diri, setelah gunung yang berada di Kabupaten Lumajang itu mengalami erupsi disertai awan panas guguran pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Usai mendapatkan laporan dari Bupati, BPBD, dan masyarakat, Khofifah memutuskan berkantor di Lumajang agar dapat memantau langsung dampak erupsi dan penanganannya. 

"Agar bisa memberikan fast response atas dinamika yang berkembang, misal mengenai posko, lalu melaporkan di tempat pengungsian kurang apa. Intinya agar bisa memantau perihal apa saja yang kurang,” kata Khofifah dalam wawancara di Trijaya Hot Topic Pagi, Senin (6/12/2021). 

Khofifah juga memberikan apresiasi kepada bupati Malang, yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Lumajang, karena menunjukkan solidaritas yang tinggi. 

"Saya sangat berterima kasih kepada bupati Malang yang telah berperilaku baik kepada masyarakat Lumajang,” ujar Khofifah. Dari pantauan Khofifah, penyaluran dan distribusi bantuan sejauh ini masih aman. Meski diakui masih ada kekurangan seperti ketersediaan MCK yang terbatas, serta penuhnya tempat penampungan pengungsian.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memprediksi potensi vulkanik Semeru saat ini hanya berupa semburan awan panas. Meski demikian ia mengingatkan masyarakat agar terus waspada potensi letusan susulan. (Fir)