Gunung Semeru Meletus Disertai Awan Panas, Warga Panik Berhamburan

MUS • Saturday, 4 Dec 2021 - 17:34 WIB

Jakarta - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meletus. Letusan gunung setinggi 3.676 meter itu membuat panik warga yang berada di lereng Semeru.

Dalam rekaman video amatir yang beredar, tampak warga berusaha menyelamatkan diri dari awan panas yang bergulung. 

"Warga Desa Sumberwulung mengungsi, terjadi erupsi Gunung Semeru. Semua orang khawatir. Semua orang ketakutan mengungsi," ujar seorang pria dalam video.

"Ya Allah, Allah Akbar. Ya Allah," teriak salah seorang warga yang ketakutan. 

BACA JUGA: Erupsi Gunung Semeru, BNPB Belum Terima Laporan Korban Jiwa

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), guguran awan panas Semeru mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Pada pukul 15.10 WIB, PPGA Pos Gunung Sawur kemudian melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang. Selain itu, laporan visual dari beberapa titik lokasi juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.