Risma Tegaskan Tidak Memaksa Tunarungu Bicara

ANP • Friday, 3 Dec 2021 - 20:50 WIB

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma mengaku tidak memaksa para disabilitas rungu untuk bicara. Dirinya pun mengaku sedih atas insiden itu.

Hal itu dikatakan terkait soal tindakannya meminta penyandang disabilitas rungu untuk bicara di Hari Disabilitas Internasional, Rabu (1/12/2021).

Menurut Risma, tindakannya tersebut dilakukan sebagai salah satu cara memotivasi penyandang disabilitas untuk memaksimalkan kemampuannya. Menurut dia, kemampuan bicara dibutuhkan agar penyandang disabilitas rungu bisa meminta tolong ketika dalam kondisi terdesak.

"Saya enggak maksa dia bicara, untuk apa saya maksa? Itu pilihan, tapi saya ingin dia di kondisi tertentu bisa menyelamatkan dirinya. Tidak ada niat apa pun dari saya, saya sedih terus terang," kata Risma di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Dia juga menyebut bahwa penyandang disabilitas rungu tak berarti juga disabilitas wicara. Risma optimistis setiap penyandang disabilitas rungu bisa bicara asalkan berlatih.

Risma mencontohkan Staf Khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudhistia yang juga penyandang disabilitas rungu namun bisa berbicara dengan fasih.

"Saya ketemu dengan mbak Angkie, saya pikir mbak kok bagus ngomongnya, ternyata dia melatih diri terus sampai berhasil [berbicara]," kata Risma.

"Ternyata tidak mesti yang tunarungu itu tunawicara," sambung dia.

Sebelumnya, Risma dikritik penyandang disabilitas rungu karena diminta bicara di depan banyak orang saat peringatan HDI 2021. Risma menggunakan istilah 'paksa' saat itu. Risma meminta anak tuli mencoba berbicara untuk memaksimalkan potensi dirinya.


 

isma menjelaskan dirinya selalu berusaha merangkul para penyandang disabilitas. Sikap ini bahkan dia lakukan semenjak dirinya menjadi sebagai Wali Kota Surabaya.

Sebab dirinya berprinsip bahwa Tuhan menciptakan manusia agar bisa bermanfaat kepada orang lain.

"Saya selalu berprinsip dan saya pacu di diri saya bahwa tuhan memberikan kita mata, telinga, mulut, itu bisa kita gunakan untuk membantu kita untuk menolong," ucapnya. (ANP)