Hari Disabilitas Internasional, NPC: Kami Berhak untuk Berkarya

MUS • Friday, 3 Dec 2021 - 14:36 WIB

Jakarta - Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tahun pada 3 Desember, untuk mendukung hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas didefinisikan dalam kategori orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan.

Ketua National Paralympic Comite Indonesia, Senny Marbun mengatakan, meski diberi keterbatasan, peluang para disabel untuk mengharumkan nama bangsa tetap terbuka lebar. 

"Cacat itu bukan kita yang mau sama Tuhan, tapi di balik kecacatan itu kalau kita punya kreatifitas pasti bisa digunakan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa,” kata Senny dalam wawancara di Trijaya Hot Topic Pagi, Jum’at (3/12/2021).

Senny mengakui, hanya di era kepemimpinan Jokowi hak penyandang disabilitas setara dengan mereka yang normal. 

Bahkan masyarakat bisa menyaksikan sendiri, penyandang disabilitas memiliki prestasi yang sama dengan orang-orang normal. 

“Penyandang disabilitas juga bisa berkarya dan membanggakan bangsa, seperti juara umum di Myanmar, terus membawa pulang dua medali emas dari Tokyo, itu bukan hal yang mudah," ujarnya bangga. (Fir)