Unkris Siapkan Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

ANP • Wednesday, 1 Dec 2021 - 22:12 WIB

BEKASI – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) mulai merancang strategi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Dalam rapat yang dipimpin Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga, Rabu (1/12/2021), disepakati bahwa strategi-strategi yang diterapkan Tim Biwara Sipenmaru 2020/2021 akan terus digunakan dengan penguatan pada kualitas input mahasiswa baru.

“Tahun ajaran 2021/2022 Unkris mengalami kenaikan jumlah mahasiswa baru. Tentu ini sebuah prestasi di tengah pandemi Covid-19 yang berimbas pada menurunnya daya beli masyarakat termasuk pada perguruan tinggi,” kata Warek 3 Dr Parbuntian Sinaga dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengakui, promosi besar-besaran lewat media massa termasuk melalui media sosial seperti Channel Ibu Unkris, IG, twitter, Unkris TV dan FB memberikan kontribusi besar terhadap penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Dengan informasi yang masif ini mendorong masyarakat untuk mencari informasi terkait Unkris.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Biwara Sipenmaru Unkris Dr Susetya Herawati. Dalam paparannya ia menjelaskan bahwa strategi branding akan tetap dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa baru lebih banyak lagi.

“Kita akan lebih banyak menampilkan prestasi-prestasi yang diraih mahasiswa Unkris agar masyarakat semakin tertarik untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Unkris,” jelas Herawati.

Karena itu Herawati berharap tim Biwara Sipenmaru sesuai Keputusan Rektor Universitas Krisnadwipayana Nomor 181/SK/REK/UK/AK/XI/2021 tentang Panitia Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kriasnadwipayana Tahun Aakademik 2022/2023 terus bersinergi memaksimalkan potensi yang dimiliki Unkris.

Menurutnya, Unkris dengan capaian-capaian mahasiswa baik di tingkat lokal maupun nasional merupakan potensi yang selama ini kurang dimanfaatkan untuk upaya branding. Padahal prestasi mahasiswa menjadi salah satu pertimbangan penting bagi masyarakat untuk memutuskan memilih Unkris.

Beberapa prestasi mahasiswa adalah lolosnya tiga tim mahasiswa Unkris pada program KKWP Kemenpora tahun 2021 dengan pendanaan masing-masing Rp. 10. 000.000 per proposal. Lalu lolosnya Roby dan team dari Fakultas Teknik pada program Hibah KBMI LLDIKTI 2020  dengan dana Rp16.500.000, lomba essay Fakultas Hukum, Persidangan Semu FH, Lomba Catur FE, kegiatan wirausaha ekspor FIA dan UKM Sankris Lomba Ratoh Jaroe.

Adapun beberapa tools Biwara Sipenmaru yang akan terus dilanjutkan pada Tahun Akademik 2022/2023 antara lain mengembangkan kata-kata yang disuka oleh milenial, pemberian souvenir, branding UKM secara terus menerus, penggunaan tagline yang menarik seperti Tagline contoh “ Masa Depan Mu di Sini”. Lalu platform di setiap tiap fakultas, pelibatan mahasiswa yang goodlooking, penyebaran brosur, spanduk indoor dengan mempertimbangkan situasi yang tepat.

“Kepanitian Biwara Sipenmaru akan tetap melibatkan komponen mahasiswa seperti ketua BEM Fakultas,” jelas Herawati.

Herawati menjelaskan Unkris ke depan akan terus berupaya mengambil peran lebih besar pada even-even kompetisi. Beberapa fokus program yang terus disiapkan adalah pertama pada Program Kemahasiswaan Ditbelmawa Kemendikbudristek antara lain program kreativitas mahasiswa, program holistic pembinaan desa, KKN Kebangsaan, wiradesa dan lainnya.

Kedua Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek antara lain Pimnas, Pomnas, Peksiminas, Pistekminas dan lainnya.

Turut hadir dalam rapat Biwara Sipenmaru 2022/2023 adalah Sekretaris Biwara dan Sipenmaru R Agus Kusuma SE MM, Warek 1 Dr. Ismail Razak SE. M.Si, Warek 2 Dr. Suwanda, Dr Panji Sukmana Dekan FIA, Dr. Harjono Padmono Putro, ST, M. Kom Dekan FT dan seluruh Panitia Teknis Biwara Sipenmaru Unkris Tahun Ajaran 2022/2023. (ANP)