Raging Fire: Polisi Baik - Polisi Jahat yang Sarat Aksi

MUS • Monday, 29 Nov 2021 - 07:41 WIB

Polisi memang harus profesional. Tetapi sebagai manusia, bisa jadi polisi melakukan kesalahan. Bisa jadi penegak hukum sekadar melaksanakan perintah atasan demi mengamankan masyarakat, namun seringkali tidak bisa menyeleamatkan diri sendiri. 

Tindakan yang harusnya terukur pun bisa tak terkontrol saat di lapangan. Ketika area abu-abu begitu luas, ditambah tingkat kejahatan yang merajalela, tim reserse harus siap melaksanakan tugas, tanpa berharap pujian apalagi imbalan yang pantas. Kemudian ketika dituduh bersalah, semua harus ditanggung sendiri, ditinggalkan bahkan oleh atasan yang memberikan tugas.

Dilema tersebut dialami perwira Cheung Sung-bong (Donnie Yen), seorang polisi baik, dan Yau Kong-ngo (Nicholas Tse), yang diceritakan sebagai polisi jahat. Sung-bong menjadi saksi betapa beratnya tantangan menjadi polisi. Dia bisa saja menerima suap dan naik jabatan secepatnya. Tetapi dia setia pada komitmennya untuk tetap bersih. 

Harganya tentu sangat mahal. Dia melihat rekannya harus kehilangan nyawa, karena ulah penjahat kelas kakap, bandar narkotika, yang juga jadi bagian dari skenario Kong-ngo. Selain itu, istrinya yang sedang hamil tua pun harus menanggung segala resikonya.

Pembuktian kesalahan Kong-ngo juga bukan perkara mudah. Sebagai mantan anggota penyidik, Kong-ngo tahu persis bagaimana alur mencari barang bukti, menginterogasi, dan secara valid menjebloskan tersangka ke penjara. Kedekatannya dengan dunia kriminal pun malah bertambah di penjara. Semua kemampuan dan akses ke persenjataan dikerahkan, untuk mewujudkan misi kejamnya.

Masalahnya, apa yang menyebabkan Kong-ngo begitu dendam kesumat?
Mampukah Sung-bong menyelesaikan kejahatan yang dilakukan mantan sahabatnya?

Dipenuhi adegan tembak menembak dan pertarungan beladiri, "Raging Fire" menyajikan aksi memukau sepanjang hampir 2 jam. Penggemar Donnie Yen, Nicholas Tse, maupun film Hongkong, tentu akan terpuaskan di bioskop. 

"Raging Fire" merupakan karya terakhir sineas Benny Chan yang meninggal dunia pada 2020. Saat proses produksi film ini, Benny sudah merasakan sakit, namun sempat menuntaskan sampai pascaproduksi. Kerjasamanya dengan duet aktor utama Donnie Yen dan Nicholas Tse terasa sangat maksimal, terutama dalam adegan kebut-kebutan, adu jotos, dan aksi khas sinema Hong Kong lainnya.

Genre: Action, Crime
Sutradara: Alm. Benny Chan
Pemeran: Donnie Yen, Nicholas Tse, Jeana Ho
Durasi: 2 jam
"Raging Fire" tayang di Cinema XXI. (MAR)