Indonesia UKM Forum-Radio Trijaya, Menparekraf: Pelaku UMKM Jadilah Pandemic Winner

MUS • Wednesday, 24 Nov 2021 - 16:27 WIB

Bandung - Jawa Barat dikenal beragam festival menarik, diminati milenial. Mari manfaatkan potensi ekonomi digital bersama MNC Trijaya, produk UMKM lokal sukses dikenal

Pantun khas tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat membuka sekaligus menjadi keynote speaker dalam "Indonesia UKM Forum", yang diselenggarakan Radio MNC Trijaya, Sabtu (20/11/2021). 

Sandiaga Uno menjelaskan, pembukaan kembali destinasi wisata dan ekonomi kreatif, membawa secercah harapan bagi Indonesia karena akan membuka lapangan pekerjaan. "Ada 34 juta masyarakat menggantungkan pekerjaan di sektor ini, untuk pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

UMKM sejatinya merupakan pencipta 97 persen lapangan kerja, penggerak 62 persen perekonomian, dimana 70 persen pelaku UMKM adalah pelaku parekraf. 

"Kita dorong tak hanya survive, tetapi bisa revive, dan menjadi pemenang thrive! Sehingga menjadi pandemic winner," ujar Menparekraf Sandi dengan penuh semangat. 

Apalagi, kontribusi UMKM justru meningkat saat pandemi, yaitu mencapai Rp 9.000 Triliun. 

Dalam mendorong pelaku UMKM, Sandiaga menjelaskan beberapa program strategi, di antaranya peningkatan human capital melalui up-scaling dan re-scaling pelatihan dan pendampingan, meningkatkan kualitas produk dan jasa, melakukan promosi dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, serta meningkatkan akses sumber pembiayaan melalui perbankan dan penyedia fintech. 

"Kita ingin digitalisasi menjadi salah satu enabler dan adaptasi di tengah pandemi, agar menghasilkan inovasi, sehingga meningkatkan omzet, dan peningkatan penghasilan dengan platform digital. Adaptasi protokol kesehatan dan pemanfaatan teknologi digital ternyata telah diterima, sebagai pelayanan prima pada masyarakat,” jelas Menparekraf.

Hasil survey We are Solutions di tengah-tengah pandemi pada april 2021 menunjukkan, 88,1% pengguna internet menggunakan e-commerce. Mereka berbelanja produk UMKM, khususnya bidang parekraf: kuliner, kriya, dan fashion.

"Program-program andalan seperti Bangga Buatan Indonesia, di Indonesia aja, dan Membeli Kreatif Lokal, mudah-mudahan bisa menjadi pengungkit bergeraknya kembali perekonomian," harap Menparekraf.

"Indonesia UKM Forum" adalah program rutin radio di Indonesia, yang pertama dan satu-satunya telah diresmikan oleh perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, tepat pada hari UMKM Nasional, 12 Agustus 2021. 

Berfokus pada kemajuan pengusaha nasional maupun lokal, webinar seri kedua, "Indonesia UKM Froum - Bandung", dipandu Station Manager MNC Trijaya Bandung Aldian Norman. 

Selain keynote speaker Menparekraf Sandiaga Uno, narasumber yang menyampaikan materi yaitu CEO PT Modal Anak Bangsa Samuel Mulyono, Akademisi/Pelaku Usaha Dr. Oktri, Co-founder Evermos Ilham, dan VP of Marketing JNE Express Eri Palgunadi. 

Ratusan peserta dari berbagai komunitas pelaku UKM, ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang juga disiarkan di 104,6 Trijaya FM Jakarta, jaringan Radio Trijaya seluruh Indonesia, streaming di website mnctrijaya.com, Live YouTube dan Facebook MNC Trijaya, serta Live Instagram @mnctrijayafm. (FIR)