Dukung Digitalisasi Belajar, PMI dan Samsung Resmikan Samsung Smart Learning Class

MUS • Tuesday, 23 Nov 2021 - 15:06 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Kelas Pembelajaran Digital di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (23/11/2021). Fasilitas bernama Samsung Smart Learning Class (SSLC) ini didirikan di tiga sekolah di Palu. SSLC diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan berbasis digital di Indonesia. 

Pandemi COVID-19 membuat kebutuhan pembelajaran digital meningkat. Guru maupun siswa dituntut memahami model pembelajaran ini demi pembelajaran tetap berlangsung selama pandemi.

Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, meski pembelajaran tatap muka (PTM) mulai digelar, model pembelajaran digital tetap diperlukan untuk meningkatkan mutu materi ajar. 

Keberadaan SSLC diharapkan turut membantu pengembangan kapasitas Palang Merah Indonesia seperti penerapan berbagai aplikasi kepalangmerahan dalam Pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah Kota Palu khususnya, dan Sulawesi Tengah umumnya.

"Pandemi mengajarkan banyak hal, mulai dari  kebiasaan memakai masker sampai kebiasaan belajar mengajar. Pandemi mulai melandai, tapi kebiasaan ini bisa diteruskan untuk tujuan lain, untuk pengayaan materi, misalnya," jelas Sudirman Said. 

Keberadaan SSLC di SDN 1 Tatura , SDN 2 Panau, dan MTs Al-Khairat Pusat diharapkan mampu meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar. Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono menjelaskan, SSLC dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa, serta membantu guru mulai dari mencari materi ajar, maupun untuk dijadikan alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas.

“Samsung Smart Learning Class merupakan salah satu kegiatan CSR Samsung mendukung program pemerintah dalam pelaksanakan digitalisasi sekolah di seluruh Indonesia dan sesuai dengan memorandum Samsung bersama Kemendikbud untuk program Samsung Indonesia Cerdas, yaitu mengoptimalkan peran teknologi dalam dunia pendidikan, baik untuk penciptaan kualitas juga untuk mempercepat pemerataan materi pendidikan yang menjangkau seluruh Indonesia,” kata Ennita.

SSLC dilengkapi Galaxy Tab A with S Pen yang didalamnya telah ditanamkan aplikasi materi pembelajaran berupa buku digital interaktif dan perpustakaan elektronik, untuk berbagai mata pelajaran pada semua tingkatan, serta manajemen sistem pembelajaran untuk memantau pemanfaatan Galaxy Tab A oleh para peserta didik di sekolah.

Selain Galaxy Tab, SSLC juga didukung dengan Samsung Smart TV, Samsung AC, dan WLAN (Access Point) untuk memberikan pengalaman saling terkoneksi dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Untuk mempersiapan pemanfaatan kelas dan fasilitas SSLC secara maksimal, Samsung memberikan pelatihan (train the trainer) kepada para pendidik di tiga sekolah tersebut, antara lain terkait penggunaan gawai, pemanfaatan aplikasi digital, serta pengenalan materi-materi pembelajaran yang telah ditanamkan di dalam gawai tersebut.