Indonesia UKM Forum Radio Trijaya: Benihbersama.id Segera Hadirkan Securities Crowdfunding

MUS • Saturday, 20 Nov 2021 - 14:38 WIB

Jakarta - Produk berbasis fintech dan crowdfunding terbaru, Benihbersama.id dari PT Modal Anak Bangsa segera mendapatkan izin, untuk memberi alternatif permodalan dalam bentuk securities crowdfunding (SCF), atau layanan urun dana berbasis sekuritas.

Hal itu disampaikan CEO Benih Bersama atau PT Modal Anak Bangsa Samuel Mulyono saat menjadi narasumber dalam "Indonesia UKM Forum", yang diselenggarakan Radio Trijaya, Sabtu (20/11/2021). 

Menurut data OJK, akses permodalan bagi UMK di Indonesia masih sangat sulit. Sebanyak 60 persen UMKM Indonesia masih unbankable, sehingga banyak UMKM terpaksa gulung tikar, dan banyak permodalan yang tersedia, belum mampu menjangkau UMKM Indonesia secara maksimal. 

"Karenanya diperlukan security crowdfunding (SCF), metode pengumpulan dana dengan skema patungan, dilakukan oleh pelaku usaha, yang ditujukan memulai atau membangun bisnisnya," jelas Samuel.

Nantinya, investor dapat membeli dan mendapatkan hasil kepemilikan perusahaan berupa saham, obligasi, atau sukuk dari usaha tersebut. Dengan SCF, investor dan pelaku usaha / UMKM yang membutuhkan permodalan, bisa dengan mudah dipertemukan melalui platform online. Hingga April 2021, penerbit SCF dari sektor UMKM tumbuh menjadi 164 penerbit, atau naik sekitar 13 persen dibanding Desember 2020. 

Jumlah dana yang masuk pada instrumen ini terpantau pada level Rp 225 miliar, atau naik 19 persen dari total dana pada akhir 2020. 

Didukung oleh ekosistem digital MNC Financial Services, Modal Anak Bangsa hadir untuk mendukung pengembangan usaha startup dan UMKM, dengan memberikan akses permodalan yang lebih fleksibel. Berbasis security crowdfunding, siapa pun bisa langsung mengakses portal elektronik untuk menjadi jembatan antara investor dan pelaku usaha. 

Modal Anak Bangsa berkomitmen menjadi jembatan antara investor dan Pelaku Usaha secara digital. "Walaupun semua digital, security terjamin. Teknologi yang kami platform kami sudah terstandardisasi," tegas Samuel. 

"Indonesia UKM Forum" adalah program rutin radio di Indonesia, yang pertama dan satu-satunya telah diresmikan oleh perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, tepat pada hari UMKM Nasional, 12 Agustus 2021 lalu. 

Berfokus pada kemajuan pengusaha nasional maupun lokal, pada webinar seri kedua, "Indonesia UKM Froum - Bandung", dibuka secara resmi oleh Menparekraf Sandiaga S. Uno, dengan dipandu Station Manager MNC Trijaya Bandung Aldian Norman.

Ratusan peserta dari berbagai komunitas pelaku UKM, ikut berpartisipasi dalam kegiatan, yang juga disiarkan di 104,6 Trijaya FM Jakarta, jaringan Radio Trijaya seluruh Indonesia, streaming di website mnctrijaya.com, Live YouTube dan Facebook MNC Trijaya, serta Live Instagram @mnctrijayafm. (*)