Harapan Badko HMI Kepada Kapolda Sultra

ANP • Friday, 19 Nov 2021 - 20:06 WIB

KENDARI  -  Formatur Ketua Umum BADKO HMI Sultra, Umar. Mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kapolda Sulawesi Tenggara yang baru Irjen Pol. Drs. Teguh Priswanto menggantikan Kapolda Sultra sebelumnya Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya, SH.

"Selamat datang dan selamat bertugas dan diharapkan sinergitas antara Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tenggara (BADKO HMI Sultra) dan Polda Sulawesi Tenggara terjalin dengan Baik guna membawa Provinsi Sulawesi Tenggara kedepan lebih baik," tegasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Ia berharap, kepimpinan Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Teguh Priswanto dapat membawa Provinsi Sulawesi Tenggara lebih aman, damai dan terjaga ketertibannya.

"Sulawesi Tenggara Ini Kaya akan Sumber Daya Alam Khusunya Ore Nikel, Komoditi ini menjadi Primadona saat ini di Sulawesi Tenggara, Banyak Infestor yang siap menanamkan modalnya di bidang pertambangan ini" ungkapnya

Namun Ironinya banyak juga aktivitas Ilegal Mining Ore Nikel yang terjadi Saat ini Di Sulawesi Tenggara yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak Bertangung Jawab dan ini bisa menimbulkan kerusakan Alam yang meresahkan masyarakat, Mengakibatkan Kerugian Negara bahkan Konflik di tengah-tengah Masyarakat yang menimbulkan ketidak amanan Masyarakat. jelas Umar.

“Saya berharap kepada Kapolda Sulawesi Tenggara yang baru untuk memberi atensi lebih dalam penanganan dugaan Ilegal Mining yang marak terhadi di Sultra, baik itu pelaku penambangan di Koridor (pelakor), menambang tanpa IUP, jual beli dokumen terbang, dan praktek praktek lainnya yg merugikan negara dan daerah. Karena tidak adanya pungutan resmi dalam bentuk Iuran tetap dan Royalti kepada negara.

"Tetapi disinyalir hanya menguntungkan oknum tertentu  tindakan tegas diperlukan guna memberikan efek jerah terhadap pelaku-pelakunya, Saya Selaku Formatur Ketua Umum Badko HMI Sultra akan siap mendukung serta mensuppot kebijakan Kapolda Sultra Nantinya. Terkhusus dalam penanganan Kasus Ilegal Mining yang mengerogoti Sulawesi Tenggara saat ini. Tegas Mantan Ketua HMI Cabang Kolaka.

Ketua Badko HMI yang baru saja terpilih ini mengatakan, akan segera melakukan investigasi dan selanjutnya berkoordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan untuk menyampaikan laporan resmi terhadap wilayah mana saja yg dilakukan penambangannya nickel ilegal.

"Bahkan mereka sampai menyebut adanya oknum aparat hukum yang terlibat membekingi, ini harus Clear dan clean dimata publik," ujarnya. (ANP)