Pemprov Sultra Raih Penghargaan Pembinaan Produktivitas Paramakarya 2021

MUS • Thursday, 18 Nov 2021 - 21:05 WIB

Jakarta - Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra meraih penghargaan pembinaan produktivitas Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut diterima oleh L.M. Ali Haswandy mewakili Gubernur Sultra dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis (18/11/2021). 

Wapres Ma’ruf  Amin berikan apresiasinya kepada para kepala daerah atas komitmen dan kepeduliannya dalam memberikan perhatian dan pembinaan terhadap dunia usaha. Wapres juga mengapresiasi kepada para pelaku usaha yang produktif, serta inovatif dalam mengembangkan produk, sehingga memberikan nilai tambah dan daya saing. 

Wapres juga menyampaikan ucapan selamat kepada perusahaan yang menerima penghargaan Paramakarya dan berharap penghargaan ini dapat teus memacu pelaku usaha untuk lebih meningkatkan produktifitas dan inovasi serta menularkan kisah kesuksesan tersebut ke perusahaan lain.

"Apresiasi juga saya sampaikan kepada jajaran pemerintah daerah yang telah peduli dan memberikan perhatian serta pembinaan terhadap dunia usaha di daerahnya masing-masing," kata Wapres Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Ida Fauziyah mengatakan Paramakarya 2021 merupakan penghargaan produktivitas yang ke-11 kalinya diberikan sejak 12 Januari 1994 oleh Presiden Soeharto saat itu.

"Paramakarya yang berarti karya unggul, pada hakikatnya merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan dan mempertahankan tingkat produktivitasnya selama tiga tahun berturut-turut, dari 2018, 2019, dan 2020," ujar Ida.

Paramakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat nasional yang diberikan Presiden RI melalui Kemnaker yang digelar setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil. Sultra memperoleh Paramakarya karena dinilai sukses membina pelaku usaha kecil, menengah dan besar, sehingga meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan dunia usaha. 

Penghargaan Paramakarya yang diberikan kepada Provinsi Sulawesi Tenggara diterima oleh Kadis Trasmigrasi dan Tenaga Kerja, L.M. Ali Haswandy yang mewakili Gubernur Sultra mengatakan, dengan diraihnya penghargaan Paramakarya oleh perusahaan PT. Satria Jaya Sentosa dari Kab. Kolaka diharapkan dapat meningkatkan produktifitasnya lebih baik lagi  dan dapat terus maju dan berkembang serta perusahaan atau UKM lain yang ada di Provinsi Sultra dapat berperan dan ikut dalam kegiatan penganugerahan Pramakarya berikutnya 

"Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan Paramkarya ini. Mudah-mudahan  Perusahaan PT. Satria Jasa Sentosa dapat menjadi contoh bagi pelaku usaha yang lain seperti yang dipesankan Wapres tadi, sehingga Perusahaan atau UKM kita dapat lebih baik lagi," kata Ali Haswandy.

Ia menambahkan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat atas kinerja Pemerintah Provinsi Sultra di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam pembinaan tenaga kerja, peningkatan daya saing dan produktivitas pelaku usaha di Provinsi Sultra.

"Semoga dengan diraihnya penghargaan ini makin memotivasi dan meningkatkan semangat bagi Pemprov Sultra dan kalangan dunia usaha di Sultra untuk meningkatkan kinerja, khususnya dalam peningkatan produktivitas tenaga kerja," ujar Ali. (HenQ)