Inisiator Relawan TIK Provinsi Sultra Diharapkan Bertugas Sebaik-baiknya

MUS • Thursday, 18 Nov 2021 - 15:08 WIB

Kendari - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membentuk relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di seluruh provinsi untuk mendukung program percepatan penetrasi internet di masyarakat.

Relawan TIK akan bertugas membantu pemerintah untuk menyosialisasikan program penggunaan akses informasi (internet), sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui informasi, edukasi sosial, teknologi, dan komunikasi.

Di Sulawesi Tenggara, Dinas Kominfo Provinsi melaksanakan kegiatan rapat koordinasi yang dirangkaikan dengan pengukuhan inisiator relawan TIK Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Sekretaris Daerah Prov. Sultra, Nur Endang Abbas, yang berlangsung di Hotel Azizah Syahria Kendari, Kamis (18/11/2021).

Sebelum acara pengukuhan, Rapat Koordinasi relawan TIK di awali dengan Pengarahan Kadis Kominfo Sultra, M. Ridwan Badallah, yang didampingi oleh Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Eko Prasetya, dan Kepala Bidang Aplikasi TIK Diskominfo Sultra, Iwan Susanto.

"Insyaallah tahun depan relawan TIK sudah terbentuk di 17 Kabupaten/Kota, idealnya 17 kabupaten/kota ini memiliki jejaring dalam membangun TIK di Sulawesi Tenggara yang kokoh dan kuat, yang dinamis serta yang kompatibel dan TIK bukan menjadi masalah lagi di Sulawesi Tenggara," ungkap Ridwan Badallah.

Guna mewujudkan inisiator relawan TIK Kabupaten/Kota se-Sultra diperlukan kelompok inisiator tingkat provinsi untuk melakukan inisiasi serta pendekatan kepada relawan-relawan di bidang teknologi informasi agar membentuk relawan TIK di tingkat Kab/ Kota baik secara luring maupun daring dengan menggunakan aplikasi zoom, kata Ketua Panitia, Sultan Y.

Sementara itu, dalam sambutan Sekda Prov.Sultra menyampaikan harapan agar inisiator relawan TIK yang telah dikukuhkan ini dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, Sekda juga mengatakan bahwa kerja dengan keikhlasan adalah mutlak dimiliki oleh seluruh relawan TIK agar apa yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik dan berhasil. (HenQ)