Peringati Hari Angklung Sedunia 2021 Dubes Heri Luncurkan Angklung Kayu Pertama di Dunia

MUS • Tuesday, 16 Nov 2021 - 16:58 WIB
Foto KBRI Tokyo

Tokyo -  Memperingati Hari Angklung Sedunia 2021, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung kayu karya anak bangsa, Dhany Irfansyah, di Wisma Duta Tokyo Selasa (16/11). 

Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie, mengapresiasi kreatifitas dari Dhany Irfansyah yang menjadi alternatif pembuatan angklung dari bahan dasar kayu. 

"Angklung kayu ini adalah inovasi terbaru dalam seni budaya angklung. Kang Dhany Irfan menciptakan angklung dengan memanfaatkan bahan kayu yang dapat dengan mudah ditemui di setiap negara. Ini tentunya menjadi pendorong penyebaran angklung di seluruh dunia,"ujar Dubes Heri. 

Dhany Irfansyah mengapresiasi dukungan penuh dari Dubes Heri dan KBRI Tokyo atas karya seni Angklung kayu yang ia ciptakan.

"Syukur alhamdulillah atas dukungan dari Bapak Dubes. Sebelumnya saya mencoba untuk membuat dari bambu Jepang. Tapi ternyata bambu Jepang kurang cocok untuk bahan angklung. Angklung kayu ini saya ciptakan semata untuk memudahkan negara-negara lain membuat angklung dari bahan dasar kayu. Sehingga alat musik angklung bisa menyebar ke seluruh dunia," terang Dhany Irfansyah yang sudah 16 tahun bermukim di Jepang.

Sebelumnya, Dhany yang juga merupakan staf KBRI Tokyo menciptakan Angklung Digital melalui aplikasi mobile pada 2010. Karya ini pada 20 November 2016 tercatat di rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yang didaftarkan oleh Indosat Ooredoo, bersama Saung Udjo dan Masagistudio. 

MURI saat itu mencatat 3.218 orang memainkan Angklung Digital melalui aplikasi yang diinstall di smartphone Android dan iOS. Angklung 2.0 adalah aplikasi karya anak bangsa yang dimotori Masagistudio dan Biminasoft. Adalah Dhany Irfan dan Yulius Wibowo yang berinisiatif membuat aplikasi iAngklung ini. Cara memainkannya juga mirip dengan angklung akustik, yaitu dengan cara digoyangkan.

Angklung kayu karya Dhany Irfansyah juga dipromosikan secara live di Instagram @KBRITokyo. Hadir selaku pembicara dalam acara ini Koordinator Fungsi (Pensosbud) Meinarti Fauzie, Founder Saung Angklung Ujo Taufik Udjo, Pegiat Angklung Milenial Masyhur dan pencipta Angklung kayu Dhany Irfansyah.