Belanda Sumbang Perlengkapan APD Untuk Indonesia Melalui PMI

MUS • Tuesday, 16 Nov 2021 - 16:27 WIB

Jakarta – Pemerintah Belanda menyerahkan bantuan berupa material perlindungan diri COVID-19 bagi masyarakat Indonesia melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) di Jakarta pada 16 November 2021.

Bantuan tersebut terdiri dari 5 juta masker bedah, 250.000 isolation coat, 200.000 apron medis, dan 100.000 kacamata pengaman. Barang-barang tersebut akan digunakan untuk tanggap kemanusiaan yang dilakukan secara independen oleh PMI dan ICRC di seluruh Indonesia demi kepentingan masyarakat Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah mencapai hasil yang mengesankan dalam merespon pandemi COVID-19. Penduduk Indonesia dalam jumlah besar telah divaksinasi secara lengkap dan mekanisme PPKM secara bertahap dilonggarkan di wilayah-wilayah yang sudah memenuhi syarat. Pemerintah Belanda merasa bangga bisa mendukung upaya ini dan menunjukkan solidaritasnya dengan Indonesia melalui donasi sebelumnya berupa obat-obatan dan vaksin. Namun demikian, ada juga daerah dan kelompok masyarakat yang kebutuhannya belum cukup terpenuhi. Dengan sumbangan barang-barang perlindungan diri, kami berharap dapat mendukung PMI dan ICRC dalam menjawab kebutuhan tanggap COVID-19 di daerah dan bagi kelompok masyarakat tersebut,” kata Ardi Stoios-Braken, Chargé d’Affaires ad interim Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Indonesia.

“Kasus Covid di Indonesia telah menelan kurang lebih 140 ribu orang meninggal dan sekitar 4 juta orang terpapar. Untuk itu, dibutuhkan dukungan semua bangsa untuk dapat memenangkan perang melawan Covid-19. Bantuan dari Kedutaan Belanda ini sangat bermanfaat dan kami berterimakasih atas bantuan ini. Walaupun kasus Covid di Indonesia saat ini menurun, berbeda dengan kondisi pada Juli 2021, perhari peningkatan kasus mencapai sekitar 50 ribu per hari, saat ini turun 99 persen, di mana jumlah kasus mencapai 500 perhari, tetapi kita tetap harus waspada untuk menghadapi gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19," jelas Ketua PMI Jusuf Kalla. 

“ICRC bersama PMI berupaya membantu dalam penanganan COVID-19 dan kami senang bisa memberikan dukungan kepada PMI untuk mendistribusikan APD ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satu prioritas yang menjadi perhatian adalah program vaksinasi di Indonesia bagian timur karena kami membuka beberapa pusat vaksinasi di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua dan Papua Barat,” kata Alexandre Faite, Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-leste.

Alexandre menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas donasi dari Pemerintah Belanda dan harapan agar dapat meningkatkan upaya untuk menjangkau lebih banyak orang.

Donasi yang dikirimkan Pemerintah Belanda sejak September lalu telah tiba di pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta dan akan distribusikan ke gudang-gudang PMI yang ditunjuk di seluruh Indonesia.