Upaya Gali Potensi Para Santri di Malang

ANP • Saturday, 13 Nov 2021 - 08:01 WIB

MALANG - Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di seluruh lapisan masyarakat, menjadi langkah penting untuk mengatasi masalah ketersediaan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran. Terkait hal tersebut, Sahabat Ganjar menggandeng Pondok Pesantren (Ponpes) Darul’Ulum Agung Malang untuk melaksanakan seminar kewirausahaan bagi para santri.

Kegiatan yang dilaksanakan masih merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan. Sahabat Ganjar mendatangi pondok pesantren Darul’Ulum Agung yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono, Bumiayu, Kec Kadungkandang, Kota Malang Jawa Timur pada Jumat (12/11/2021).

Seminar yang bertemakan "Menggali Potensi Wirausaha Dikalangan Santri" ini diisi antara lain oleh Bambang Wahyuono dan Segenap Sahabat Ganjar. Seminar ini berfokus kepada menggali potensi santri-santri untuk bekal masa depan di era pandemi ini.

Bambang Wahyuono yang sekaligus merupakan Ketua DPW se-Jawa Timur berharap “Jika para santri-santri ini nantinya menyelesaikan pendidikannya di pondok pesantren InshaAllah mereka dapat memiliki pekerjaan untuk bekal masa depan.”Ucap Bambang Wahyuono.

Kegiatan yang dilakukan tidak hanya seminar, Sahabat Ganjar juga melaksanakan Lomba Monolog, yang diikuti oleh para santri dengan tema “Santri Sang Pahlawan”. Adapun lokasi perlombaan bertempat di Aula Ponpes Darul’Ulum Agung Malang Jawa Timur. Lomba Monolog ini bertujuan untuk mengingat jasa-jasa para Pahlawan yang sudah berkorban untuk Indonesia.

Tiak kalah seru dengan Lomba Monolog, digelar juga Lomba Motocross Santri Berani. Sirkuit Sirkuit Pondok Pesantren Darul’Ulum digunakan Sahabat Ganjar sebagai arena “Motocross Cup Santri Berani”. Antusiasme peserta dan penonton tampak dalam kegiatan lomba ini. 

Ketua DPC Kota Malang Jawa Timur berharap, “kegiatan ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat, para santri dapat beradu kemampuan dan menunjukkan skill untuk menuju prestasi terbaik. Lebih pentingnya lagi kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk menghindarkan kegiatan kebut-kebutan di jalan raya dan berbagai kegiatan negatif lainnya yang rentan terjadi bagi generasi muda.” Tutur Nur Aini Endang

Acara Lomba tidak hanya berhenti di ajang motocross, setelah selesai motorcross dilanjutkan dengan lomba UMKM yang bertemakan “Santri Pejuang UMKM”. Aula Pondok Pesantren Darul’Ulum kembali menjadi ajang untuk lomba. Adapun tujuan lomba UMKM ini tak lain adalah sebagai wadah ilmu untuk santri dalam membangun UMKM yang sukses.

“Menurut saya, acara yang diadakan Sahabat Ganjar ini cukup bagus dan positif. Dapat memberikan manfaat bagi para siswa-siswi serta menambah keterampilan mereka, terlebih saya lihat seminar yang diberikan Sahabat Ganjar dapat mengarahkan mereka untuk membuat usaha UMKM sendiri.” Ucap H.Mustaqim Faizin SH.Mdpi Selaku Pengurus Ponpes Darul’Ulum .

Sahabat Ganjar berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi terobosan baru untuk para santri agar terbiasa membuka wirausaha khususnya di dunia digital yang semakin maju. Hal ini berkaitan dengan terus berkembangnya zaman yang mengharuskan masyarakat menjadi terbiasa mengikuti perkembangannya.

Menutup rangkaian kegiatan, Sahabat Ganjar membagikan hadiah kepada para pemenang lomba UMKM dan Monolog yang berlokasi di Aula Pondok Pesantren Darul’Ulum Agung.

“Adanya kegiatan hari ini Sahabat Ganjar berharap seluruh santri mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa diterapkan kedepannya untuk para santri demi Indonesia yang lebih baik.” Ucap Indah CH, mewakili Humas DPP Sahabat Ganjar 

Dalam rangkaian acara yang sudah dilakukan tak lupa Sahabat Ganjar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan. (ANP)