Hadir di FFI, Jokowi Beri Apresiasi Kepada Sineas Tanah Air

MUS • Thursday, 11 Nov 2021 - 11:43 WIB

Jakarta - Penganugerahan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) kembali dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo turut hadir dan memberikan apresiasi pada acara ini. Dengan mengenakan pakaian batik coklat dan masker cokelat, Jokowi disambut oleh Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, serta Ketua Komite FFI, Reza Rahardian. Dalam pidatonya, Presiden mengaku bangga dengan insan-insan dunia perfilman di Indonesia, serta menyoroti 4 film yang telah mendapatkan penghargaan di luar negeri.

“Saya bangga, di masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia tenggara,” tuturnya.

Empat film yang menjadi sorotan Jokowi antara lain:
Edwin melalui karya ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’, yang menjadi pemenang Golden Leopard di Locarno Film Festival, 
Kamila Andini melalui karya ‘Yuni’, yang memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival 
Tumpal Tampubolon melalui karya ‘Laut Memanggilku’, yang memenangkan Sonje Award di Busan International Film Festival
Monica Tedja melalui karya ‘Dear to Me’, yang memenangkan Junior Jury Award-Special Mention Open Doors Shorts di Locarno Film Festival.

Selain itu Jokowi juga menyampaikan rasa selamat dan bangga terhadap sineas muda yang meraih piala citra. Ia juga berharap agar para sineas dan stakeholder dunia perfilman semakin memiliki mimpi yang besar, serta mampu berkolaborasi satu dengan yang lain agar dapat mampu memberikan karya yang terbaik.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada para peraih Piala Citra dalam ajang FFI Tahun 2021 yang akan diumumkan malam ini. Semoga raihan prestasi ini menginspirasi karya-karya yang lebih baik di masa yang akan datang,” tutup Jokowi (GRA)