Rangkaian HUT Kota Makassar ke 414, Walikota Makassar Ikut Tanam 30 Ribu Pohon

ANP • Sunday, 7 Nov 2021 - 14:34 WIB

MAKASSAR – Sekitar 1.500 alumni SMPN 5 Makassar, Sulsel, hari Minggu (7 November 2021) mengadakan kegiatan penanaman 30 ribu pohon secara serentak di 14 kecamatan. Bersama tokoh masyarakat dan warga di setiap RW/RT, mereka menanam pohon di seribu titik di wilayah Kota Makassar. Penanaman pohon ini juga dibantu dari unsur kecamatan di wilayah masing-masing.

Kegiatan penanaman pohon Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar ini dilakukan bersama Pemkot Makassar ini dihadiri Walikota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto dan Ketua KBA, DR. Chaerul Amir, SH, MH. Kegiatan penanaman pohon diawali dengan virtual zoom dari pusat lokasi di Kanal Mamajang/Marinda, dilanjutkan dengan penanaman  oleh  Walikota Makassar Danny Pomanto dan istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.

Danny Pomanto (panggilan akrab Walikota Makassar) mengatakan pihaknya mendukung aksi penanaman pohon yang diinisasi alumni SMPN 5 sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim. Menurut Danny, salah satu pohon yang ditanam adalah pohon eboni, jenis pohon langka yang hanya ada di Sulawesi. Apalagi kegiatan ini juga dalam rangkaian HUT Kota Makassar ke-414.

Ketua Umum KBA SMPN 5, Makassar, DR. Chaerul Amir menilai, masyarakat sangat antusias dalam penanaman pohon. Ini menunjukkan bahwa masyatakat sadar betapa pentingnya lingkungan yang hijau, bersih dan indah. KBA bersama Pemkot Makassar berusaha mengawal dan merawat 30 ribu pohon ini. 

Tema kegiatan penanaman pohon yakni Tanam 1 Pohon Hari Ini Selamatkan Kehidupan untuk Hari Esok. Ketua Panitia Pelaksana Tenas KBA SMPN 5 Makassar, Muhammad Burhanuddin sebelumnya mengatakan, Kegiatan Penanaman Pohon melibatkan KBA SMEPLIM Kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Tim Penggerak PKK Kota Makassar.

Rangkaian acara Temu Nasional dimulai Juli lalu. Adapun tema Tenas ini adalah KBA SMPN 5 For Makassar Recovery Towards The World City (Makassar Bangkit Menuju Kota Dunia). Kegiatan  Peduli Lingkungan berupa Penanaman Pohon Satu Keluarga Satu Pohon ini merupakan salah satu ramgkaian kegiatan. Puncak Tenas 1 tersebut rencananya dilaksanakan Desember mendatang. (ANP)