PointStar dan Facebook Workplace Ciptakan Solusi Baru Komunikasi Internal Perusahaan

ANP • Thursday, 4 Nov 2021 - 21:45 WIB

JAKARTA - Saat membangun bisnis, banyak hal penting yang menjadi pondasi perusahaan, tidak hanya sales dan marketing. Komunikasi internal menjadi suatu hal yang sangat krusial dalam berjalannya sebuah perusahaan, terlebih lagi dengan adanya kebijakan Working From Home (WFH) di masa pandemi saat ini.

Proses komunikasi dalam divisi yang sama maupun inter-divisi menjelma sebagai tantangan baru karena para karyawan harus beradaptasi dengan perubahan pola komunikasi langsung menuju pola komunikasi digital.

Untuk menjawab tantangan tersebut, PointStar menjalin kerjasama dengan Facebook Workplace sebagai platform sosial intranet dari Facebook untuk memudahkan komunikasi internal bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. 

Komunikasi internal bertujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi yang efisien di antara karyawan dalam sebuah perusahaan untuk membuat dan mendistribusikan pesan dan kampanye dari pihak manajemen menuju karyawannya.

Hal ini penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan agar karyawan selalu tahu perkembangan terbaru pada manajemen, menciptakan wadah untuk memberikan umpan balik dan diskusi, dan membantu membentuk budaya kerja dalam organisasi perusahaan Anda.

“Facebook Workplace yang kami rilis secara resmi pada October 2016, telah digunakan organisasi dari berbagai sektor, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar dan pemerintahan. Facebook dibuat untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, sedangkan Workplace from Facebook dibuat untuk menghubungkan dunia di tempat kerja. Kami ingin membantu organisasi untuk menciptakan komunitas yang terkoneksi sebagai level untuk mengubah cara kerja mereka,” ucap Vicky Skipp, Director APAC, Workplace from Facebook di Jakarta, Kamis (4/11).

Facebook Workplace ini merupakan aplikasi sosial intranet untuk internal perusahaan dari Facebook menawarkan berbagai fitur seperti Workplace Group (FB Groups), WorkChat (Messenger), panggilan audio dan video bawaan, akses ke profil profil karyawan, Event, dan Live video yang tidak hanya berbasis browser komputer, namun juga bisa Anda temukan di App Store/Play Store pada smartphone Anda. Selain itu, Facebook Workplace memungkinkan Anda untuk menjangkau para karyawan frontliner dan non-desk yang selama ini seringkali tidak terhubung dengan perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang berfokus di bidang transformasi Cloud, kami ingin menghadirkan sebuah solusi baru untuk komunikasi internal dalam perusahaan. Harapan saya dengan adanya Workplace dari Facebook ini bisa memudahkan perusahaan-perusahaan yang ingin menerapkan sistem kerja hybrid, sehingga para karyawan dapat berbagi informasi terbaru mengenai perkembangan bisnis, best practice, peluncuran produk terbaru, pencapaian target, dan berbagai proses bisnis lainnya dalam platform digital yang jauh lebih efisien.” ujar Natanael Sibarani, General Manager PointStar Indonesia.

Facebook menyatakan bahwa Workplace memiliki fitur-fitur terbaik dari Facebook, seperti News Feed, kemampuan untuk membuat konten dan berbagi di Group, fitur lain seperti Live, Reactions, Search, Trending posts, dan Chat sehingga para karyawan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan kerja mereka dalam waktu yang sama dari mana pun mereka bekerja.

Dalam Facebook Workplace, juga terdapat fitur yang disebut sebagai Multi-Company Groups, yang merupakan suatu wadah untuk para karyawan dari perusahaan yang berbeda. Fitur Multi-Company Groups memungkinkan para karyawan dari perusahaan yang berbeda untuk berkolaborasi dalam mengerjakan proyek yang sama.

Perusahaan-perusahaan besar akan menyukai sistem Workplace yang menyertakan fitur dashboard dengan analitik dan integrasi melalui  Single Sign-On (SSO) yang memungkinkan perusahaan dengan mudah mengimplementasikan Facebook Workplace dengan sistem IT mereka. (ANP)