Amankan Jaringan Listrik di Area Jembatan Suramadu, PLN Jalin Kerjasama dengan Pelindo Marine

MUS • Thursday, 4 Nov 2021 - 17:17 WIB

Sidoarjo - Langkah strategis dalam pengamanan bahaya kebakaran pada saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV yang berada di jembatan Suramadu kali ini diwujudkan PLN melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Pelindo Marine Service.

Penandatanganan PKS oleh General Manager PLN Unit Induk Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Suroso, dan Plt Direktur Utama PT Pelindo Marine Service, Kartiko Adi, di Kantor PLN UIT JBM, Sidoarjo, berlangsung pada Kamis (4/11).

General Manjer PLN UIT JBM  Suroso menyampaikan, bahwa sinergi yang dilakukan antara PLN UIT JBM dengan Pelindo Marine ini adalah untuk pelaksanaan penyediaan kapal dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelayanan jasa penyediaan armada angkutan laut untuk kegiatan Darurat Kebakaran SKTT 150 KV Jawa Madura di Jembatan Suramadu. 

“Kerja sama pengamanan SKTT sebagai obvitnas sangat penting sebagai langkah pengelolaan risiko untuk mengantisipasi ancaman dan gangguan keamanan di sektor ketenagalistrikan” terangnya. 

Lebih lanjut disampaikan Suroso, sinergi untuk pengamanan risiko kebakaran dilakukan baik disisi darat yang telah dilakukan lebih dahulu dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, hingga disisi laut dengan Pelindo Marine.

"SKTT 150 KV Jawa Madura merupakan aset milik PLN yang sangat penting, karena berfungsi menyalurkan tenaga listrik tegangan tinggi dari Jawa Timur ke Pulau Madura secara real time, setiap hari, sehingga sekecil apapun potensi ancaman dan gangguan terhadap Obyek Vital Nasional dan asetnya, dari eskalasi rendah sampai dengan tingkat yang paling tinggi tidak dapat diabaikan dan harus ditiadakan," papar Suroso.

Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik Pelindo Marines, Kartiko Adi, usai penandatanganan menyampaikan, bahwa Pelindo Marine menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh PLN untuk membina sinergi dalam pengamanan obvitnas insfrastruktur kelistrikan. 

“Dukungan penuh Pelindo Marine pada PLN merupakan bentuk sinergi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Apalagi terkait sektor ketenagalistrikan yang melayani hajat hidup orang banyak, termasuk industri. Kapal tunda Pelindo Marine yang memiliki kemampuan fire fighting (pemadaman kebakaran) siap untuk membantu penangangan bahaya kebakaran bila dibutuhkan,” jelas Kartiko Adi.

SKTT 150 kV mengalirkan suplai listrik dari Gardu Induk Kedinding ke Gardu Induk Bangkalan melalui Jembatan Suramadu untuk memperkuat system serta menjamin keandalan listrik di Pulau Madura mulai Bangkalan hingga Sumenep. Dengan pengoperasian SKTT 150 kV, listrik dapat lebih mudah disalurkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh 985.743 pelanggan PLN di Madura. (Her)