Astindo Virtual Travel Fair (AVTF) 2021 #backtotravel

ANP • Tuesday, 2 Nov 2021 - 22:04 WIB

JAKARTA - “Dalam rangka merayakan ulang tahun ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) ke-22 yang jatuh pada tgl 10 November, kami mengadakan acara ASTINDO VIRTUAL TRAVEL FAIR (AVTF) 2021 untuk yang pertama kalinya pada tanggal 3-7 November 2021.

Ajang ini adalah konversi dari event offline tahunan consumer travel fair kami menjadi online” ujar Anton Sumarli, Wakil Ketua Umum I, yang juga adalah Ketua Panitia Penyelenggara AVTF 2021.

Diakui bahwa sejak akhir tahun lalu hingga saat ini, secara konsisten terjadi kenaikan pergerakan perjalanan baik domestik maupun luar negeri, kecuali disaat Pemerintah memperketat persyaratan perjalanan, terutama jalur udara.

Ketua Umum DPP ASTINDO Pauline Suharno menyampaikan bahwa selama pandemi ASTINDO terus menerus memompa semangat dan optimisme anggota dengan mengadakan berbagai kegiatan virtual travel mart, webinar, pelatihan dan sertifikasi sebagai persiapan bagi para SDM travel agent dalam menghadapi konsumen yang akan membeli aneka produk wisata/perjalanan.

“Oleh karena itu, event kali ini bertemakan #backtotravel, yang diharapkan menjadi momentum untuk menggairahkan kembali bisnis travel agent yang sempat ‘mati suri’ akibat pandemi.”

“Kami juga ingin agar masyarakat kembali travelling, tentunya dengan menggunakan jasa travel agent terpercaya anggota kami, yang pastinya juga sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat ketika berwisata, serta memilih vendor-vendor yang bersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).” Sambung Pauline.

Dalam kegiatan ini, akan ada berbagai promo tiket dan paket wisata ke seluruh destinasi unggulan, baik di dalam maupun luar negeri. Masyarakat juga dapat mengunjungi laman ‘www.astindovirtualtravelfair.com’ dan memanfaatkan fitur digital assistant ‘DAISI’. Dimana fitur ini juga akan langsung dilayani oleh travel consultant professional dari 18 travel agent anggota ASTINDO yang akan membantu masyarakat memilih dan menentukan produk wisata /perjalanan sesuai keinginan, budget dan juga kebutuhannya.

AVTF 2021 terselenggara berkat kolaborasi antar stakeholder, termasuk berbagai maskapai penerbangan skala internasional seperti maskapai kebanggaan Indonesia – Garuda Indonesia, All Nippon Airways, Emirates Airlines, Etihad Airways, Qatar Airways dan Singapore Airlines yang akan memberikan harga tiket terbaik selama periode 3-7 November mendatang.

I Ketut Alam Wangsawijaya, Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA mengungkapkan “Sebagai insan perbankan nasional yang menyediakan solusi keuangan bagi masyarakat, BCA menyambut dengan baik kehadiran kegiatan ASTINDO Virtual Travel Fair 2021. Industri pariwisata Indonesia saat ini telah perlahan bangkit yang terlihat dari meningkatnya kunjungan ke sejumlah daerah. Kami yakin melalui kegiatan virtual ini dapat kian memacu pertumbuhan bisnis travel agent dan airlines di Indonesia. Maka dari itu BCA mendukung kegiatan ini dengan menghadirkan solusi pembayaran, agar dapat memberikan dampak yang positif bagi pelaku industri pariwisata,” katanya.

Eric Nemitz, Chief Executive Officer, Sompo Insurance Indonesia juga menyambut hangat acara ini, “Digital berperan dominan dalam keseharian masyarakat, khususnya saat masa pandemi. Dengan hadirnya perlindungan kami di Astindo Travel Fair secara virtual, selaras dengan visi kami yaitu selalu memberikan inovasi menjadikan perjalanan domestik dan luar negeri menjadi aman dan tenang terlindungi oleh Sompo TravelJoy. Kami percaya dengan berada di tiap customer journey pada acara ini dapat menciptakan keterkaitan yang lebih tinggi, dan para traveler akan terkoneksi dalam satu sistem terintegrasi dan dengan mudah menemukan perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan memilih perlindungan menyeluruh yang tepat bersama Sompo," ujarnya.

Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and Interconnect Telkomsel, Bernadus Wahyu Wijayanto mengatakan "Kami menyambut baik keikutsertaan Telkomsel dalam mendukung AVTF 2021 ini. Semoga kolaborasi yang dihadirkan bersama ASTINDO kali ini dapat menghadirkan kemudahan bagi wisastawan untuk mendapatkan keunggulan layanan roaming Telkomsel melalui penawaran Paket RoaMAX dengan pilihan tarif yang lebih terjangkau, sekaligus membuka peluang bagi kebangkitan ekosistem sektor industri pariwisata di Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru masyarakat pada masa pandemic. "

Proses digitalisasi AVTF 2021 didukung oleh ATI Business Group dan Galileo Travelport Indonesia, yakni dengan menggunakan sistem reservasi secara online (online booking tools) dan DAISI, digital assistant. Sistem ini juga mendukung showcase aneka produk wisata dari 18 travel agent peserta, dan masyarakat bisa melihat langsung melalui online product catalog serta berinteraksi dengan penyedia produk.

“Selain AVTF 2021, kita juga bekerjasama dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia Blibli.com. Khusus dalam rangka merayakan ulang tahun ASTINDO, akan diberikan potongan harga bagi masyarakat yang membeli produk wisata domestic yang dijual oleh travel agent anggota ASTINDO. ” Tutup Pauline.