Gubernur Sultra Ali Mazi, Masuk Nominasi Gubernur Terbaik Kategori Best Governor for Empowerment and Education

MUS • Monday, 1 Nov 2021 - 09:54 WIB

Jakarta – Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama pasangan, Lukman Abunawas terus memaksimalkan pelaksanaan pembangunan pada periode kedua kepemimpinannya melalui konsistensi Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan (Garbarata), yang dilaksanakan di Provinsi Sultra hingga diperjuangkan ke tingkat nasional.

Atas konsistensi tersebut, Gubernur Sultra, Ali Mazi menjadi salah satu people of the year 2021, nominasi Gubernur terbaik kategori best governor for empowerment and education, yang penjaringannya dilakukan melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual oleh tujuh dewan juri yang terdiri dari tiga profesor dan empat praktisi.

Para dewan juri tersebut yakni Ketua Dewan Juri yang juga Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata, Guru Besar FISIP UI, Prof Dr Eko Prasojo, Rektor IPB Bogor, Prof Dr Arif Satria, Epidemiolog UGM Yogyakarta, Prof Dr dr Hari Kusnanto, dan Ketua Umum APINDO, Hariyadi Sukamdani.

Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo menerangkan, untuk lebih menajamkan hasil keputusan dewan juri, maka dilakukan wawancara secara langsung dengan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama ketujuh dewan juri, yang dilakukan secara daring.

Dalam wawancara secara langsung tersebut, para dewan juri yang Diketuai oleh Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, mengungkapkan kekaguman serta memuji Program Garbarata melalui lima pilarnya, dimana salah satunya terdapat pilar Sultra Cerdas yang diimplementasikan melalui program pemberdayaan serta pendidikan, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, Minggu (31/10) menjelaskan, saat ini Pemprov Sultra memiliki program prioritas pembangunan Sultra Tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat melalui GARBARATA atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

Implementasi GARBARATA ditopang lima pilar, yakni pilar Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman, serta pilar kelima yaitu Sultra Produktif. Hal ini bukan hanya selogan semata, melainkan secara bertahap dan konsisten dilaksanakan, baik secara teknis di tingkatan Provinsi Sultra hingga ke pusat melalui optimalisasi kehadiran negara dalam desain hukum berupa UU Tentang Daerah Kepulauan,” ucap orang nomor satu di Provinsi Sultra ini.

Ali Mazi melanjutkan, di Sultra terdapat dua komponen penting untuk dikelolah, yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) olehnya dibutuhkan peningkatan SDM serta pengelolaan, pengembangan dan pemanfaatan potensi SDA itu sendiri.

“Untuk peningkatan SDM maupun pengelolaan pengembangan dan pemanfaatan potensi SDA dibutuhkan perhatian pemerintah pusat serta anggaran daerah yang memadai. Secara teknis kita meletakan dasar pondasi untuk mendukung itu semua, yakni melalui tiga mega proyek unggulan pembangunan infrasturktur daerah yakni Pembangunan Jalan Kendari-Toronipa, pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Bertaraf Internasional, serta Pembanguna Perpustakaan Modern Sultra Bertaraf Internasional. Pada tiga mega proyek ini, terselubung upaya pelayanan kesehatan, peningkatan pendapatan daerah, hingga berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal,” terangnya. (HenQ/ Diskominfo Sultra)